EVALUASI PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. JOBSDB INDONESIA

Litdia Litdia, Fathurroziq Fathurroziq

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengukuran kinerja organisasi dengan menggunakan metode Balanced Scorecard pada PT. JobsDB Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data menggunakan data primer yang diperoleh dari menyebarkan kuesioner kepada karyawan dan pelanggan PT. JobsDB Indonesia yang berjumlah 123 responden dan data sekunder diperoleh dari laporan tahunan PT. JobsDB Indonesia periode 2009-2013. Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner dengan Skala Likert dan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif keuangan yaitu nilai current ratio, debt to asset ratio, debt to equity ratio, gross profit margin, net profit margin, return on investment dan return on equity sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Perspektif pelanggan menghasilkan skor yang baik. Perspektif bisnis internal dapat menunjukkan peningkatan efektivitas, efisiensi dan ketepatan proses transaksi. Kemudian, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan peningkatan produktifitas karyawan, persentase pelatihan karyawan yang terampil setiap tahunnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka evaluasi pengukuran kinerja organisasi dengan menggunakan metode Balanced Scorecard pada PT. JobsDB Indonesia lebih efektif karena dapat menilai kinerja yang lebih komprehensif.

Full Text:

PDF

References


Ciptani, Monika Kusseta, 2000, Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Masa Depan, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra

Horngren, Charles T, 2008, Implementasi Balanced Scorecard, Jakarta: PT.Macanan Jaya Cemerlang

Imelda, 2004, Implementasi Balanced Scorecard Pada Organisasi Publik, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra

Indriantoro, Nur & Supomo, 2009, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen, Yogyakarta: BPFE

Irwan, Dessy Arfani, 2009, Pengukuran Kinerja Perbankan Berdasarkan Analisis Balanced Scorecard Pada PT. Bank Mandiri (Persero), Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Kaplan, Robert S. and David P. Norton, 2006, Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Jakarta: Erlangga.

Marlina, 2009, Analisa Hubungan Penerapan Balanced Scorecard terhadap Pengukuran Kinerja pada PT.Bank Muamalat,Tbk, Jakarta : Universitas UPI YAI

Mas’ud, Fuad, 2009, Ilmu Dasar Statistik, Jakarta: Erlangga

Mulyadi, 2008, Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatgandaan Kinerja Keuangan Perusahaan, Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi dan Setyawan Jhony, 2008, Sistem Perencanaan dan Pengendalian manajemen: Sistem Pelipatgandaan Kinerja Keuangan Perusahaan, Jakarta: Salemba Empat.

Pasla, Peter R.Yosi, 2007, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi Balanced Scorecard, Jakarta: Erlangga

Rahmadani, Dian Wahyu, 2008, Penerapan Model Pengukuran Kinerja Balanced Scorecard Pada Unit Usaha Sapronak Koperasi Agro Niaga Jabung Malang, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Malang

Simamora, Henry, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: STIE YKPN.

Solikin, Akhmad, 2006, Pengembangan Dan Permasalahn Balanced Scorecard, Jakarta: Erlangga

Sutrisno, 2009, Manajemen Keuangan Teori Konsep Dan Aplikasi, Yogyakarta: Erlangga

Yuwono, Sony, dkk, 2006, Balanced Scorecard : Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.