Desain Penyerap Getaran Pada Muatan Roket RX 450

Authors

  • Mohammad Galbi Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
  • Ahmad Zayadi Dosen Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional Jakarta
  • Agus Budi Djatmiko Peneliti Bidang Struktur Mekanika Roket LAPAN

DOI:

https://doi.org/10.47313/jig.v24i2.1014

Keywords:

roket, massa penyerap getaran, efek redaman, gaya paksa, resonansi.

Abstract

Keberhasilan peluncuran sebuah roket ditentukan banyak faktor diantaranya adalah struktur, aerodinamika, statik stabilitas, propulsi dan dan tak kalah pentingnya adalah tentang sistem getaran yang terjadi pada muatan roket. Roket yang sedang terbang mengalami gaya pengganggu, antara lain akibat gaya dorong roket, gaya aerodinamis, gaya luar yang bekerja pada roket. Gaya-gaya tersebut dapat menyebabkan ketidakstabilan dan getaran pada roket. Akibat getaran yang ditimbulkan dapat menyebabkan kerusakan atau tidak bekerjanya peralatan eletronik pada roket. Untuk itu dirancang awal suatu alat penyerap getaran pada muatan roket. Peralatan terdiri dari pegas dan massa penyerap getaran yang disusun sedemikian rupa sehingga efek redaman terhadap getaran terjadi. Tujuan dari perancangan sistem peredam getaran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peralatan elektronik pada muatan roket menerima getaran secara maksimal. Alat penyerap getaran menggunakan kekakuan pegas k1 = 120000N/m, kekakuan pegas k2 = 7200N/m, dan kecepatan sudut w11 = w22 = 31.623 rad/detik. Hasil perancangan dengan rasio massa  = 0.06, massa muatan roket m1 = 50kg, massa penyerap getran m2 = 3kg, dan gaya harmonik paksa sebesar 10g yaitu F0 = 4950N. Terlihat pada saat resonansi w/w11 = 1.0 didapat amplitudo non dimensional massa mutan roket X1k1/F0 = 0, sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian setelah keadaan w/w11 = 1.13 besar dari X1k1/F0 menurun mendekati nol atau dapat dikatakan bahwa massa muatan roket RX 450 teredam dengan baik.

References

R. F. Harik and J. S. Issa, “Design of a vibration absorber for harmonically forced damped systems,” J. Vib. Control, vol. 21, no. 9, pp. 1810–1820, Sep. 2013, doi: 10.1177/1077546313501928.

J. M. Alrajhi and A. Abed, “Effect of Non-linear Damper in Dynamic Vibration Absorber Behavior,” Univers. J. Mech. Eng., vol. 2, no. 5, pp. 155–157, 2014, doi: 10.13189/ujme.2014.020501.

H. Dogan, N. D. Sims, and D. J. Wagg, “Investigation of the inserter-based dynamic vibration absorber for machining chatter suppression,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1264, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1264/1/012030.

K. Liu and J. Liu, “The damped dynamic vibration absorbers: Revisited and new result,” J. SOUND Vib. J. Sound Vib., vol. 284, pp. 1181–1189, June. 2005, doi: 10.1016/j.jsv.2004.08.002.

S. C. Huang and K. A. Lin, “A new design of vibration absorber for periodic excitation,” Shock Vib., vol. 2014, no. c, 2014, doi: 10.1155/2014/571421.

A. Casalotti and W. Lacarbonara, “Nonlinear Vibration Absorber Optimal Design via Asymptotic Approach,” Procedia IUTAM, vol. 19, pp. 65–74, 2016, doi: 10.1016/j.piutam.2016.03.010.

V. Piccirillo, A. M. Tusset, and J. M. Balthazar, “Optimization of dynamic vibration absorbers based on equal-peak theory,” Lat. Am. J. Solids Struct., vol. 16, no. 4, pp. 1–22, 2019, doi: 10.1590/1679-78255285.

W. T. Thomson, Theory Of Vibration With Aplications, 2nd Edition. California: Prentice-Hall Inc, 1981.

M. Leonard, Fundamentals of Vibrations, Internatio. Singapore: McGraw Hill, 2011.

S. S. Rao, Mechanical Vibrations, Third Edition. California: Addison-Wesley Publishing Company, 1995.

H. M. lireza Rezazadeh, “Design of optimum vibration absorbers for a bus vehicle to suppress unwanted vibrations against the harmonic and random road excitations,” Int. J. Sci. Technol., vol. 28, no. 1, pp. 241–254, 2020, [Online]. Available: http://scientiairanica.sharif.edu/article_21724_89cc4bac530d245a5738ccf29ac19bdc.pdf.

Downloads

Published

2021-12-01