Disain dan Pembuatan Pembangkit Listrik Mandiri Pada Sandal Penyandang Tunanetra

Authors

  • Ajat Sudrajat Program Studi Teknik Fisika, Universitas Nasional, Jakarta
  • Fathiyah Fairuz Salsabila Program Studi Teknik Fisika, Univerditas Nasional, Jakarta
  • Hari Hadi Santoso Program Studi Teknik Fisika, Universitas Nasional, Jakarta
  • Viktor Vekky Ronald Repi Program Studi Teknik Fisika, Universitas Nasional, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47313/jig.v24i2.1461

Keywords:

generator piezoelektrik, tekanan mekanik, pemanen energi, alat navigasi

Abstract

Indra penglihatan adalah indra yang sangat dibutuhkan manusia, manusia mengandalkan indra ini untuk menerima informasi.Tetapi, tidak semua manusia terlahir dengan kondisi yang normal ada beberapa yang terlahir dengan kondisi tidak normal seperti halnya dengan penyandang tunanetra yang kehilangan penglihatannya sejak lahir atau blindness. Beberapa penelitian telah dilakukan sebelumnya dengan perkembangan teknologi yang ada, banyak peneliti yang membuat serta merancang alat tunanetra menggunakan sensor. Namun hingga saat ini alat navigasi tunanetra yang ada masih menggunakan sumber energi listrik habis pakai dari baterai. Maka dari itu, pada penelitian ini dirancang alat navigasi untuk penyandang tunanetra menggunakan sumber energi listrik yang berasal dari piezoelektrik. Rancang bangun alat, menggunakan 4 keping piezoelektrik yang dihubungkan secara seri pada sandal navigasi ini. Diberikan tekanan langkah kaki untuk menghasilkan energi. Perancangan alat dimulai dengan pembuatan kontruksi bagian pemanen energi yang didalamnya diletakan piezoelectric generator. Bagian penyalur energi yang didalamnya terdapat komponen boost converter, modul charging, dan baterai. Bagian terakhir yaitu sistem navigasi didalamnya terdiri dari sensor ultrasonik HC-SR04 yang tehubung dengan ic ne555 dan aktuator berupa cell motor vibrator. Berdasarkan Hasil Penelitian sistem pemanen energi yang dibuat berhasil digunakan untuk menghidupkan daya perangkat elektronik seperti IC NE555, Sensor Ultrasonik HC-SR04, dan Vibrator. Pemanen energi dapat menghasilkan tegangan keluaran rata-rata sebesar 9.57V dan arus pengisian rata-rata sebesar 12.7mA, sehingga daya yang dihasilkan sebesar 0.122 Watt dan sistem navigasi pada sandal ini berhasil untuk menggunakan IC NE555 yang berfungsi sebagai pembangkit frekuensi dari sensor ultrasonik HC-SR04 tanpa menggunakan pemrograman apapun dengan tingkat keberhasilan sebesar 96%.

References

G. W. Arminda, A. Hendriawan, R. Akbar and L. Sulistijono, "Desain Sensor Jarak dengan Output Suara Sebagai Alat Bantu Jalan bagi Penyandang Tunanetra," Jurnal Jurusan Teknik Elektronika, pp. 1-10, 2011.

S. Nurhayati, "Youngster.id," 17 Januari 2020. [Online]. Available: https://youngster.id/sociopreneur/savitri-nurhayati-permudah-penyandang-tunanetra-bertransaksi/. [Accessed 26 Maret 2021].

Subandi, "Alat Bantu Mobilitas untuk Tunanetra Berbasis Elektronik," Jurnal Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 29-39, 2009.

R. S. S. and J. , "The People Sensor : A Mobility aid for the Visually Impaired," Paper On IEEE International Symposium, 1998.

M. N. Al-Hasan, C. I. Partha and Y. Divayana, "Rancang Bangun Pemandu Tuna Netra Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler," Teknologi Elektro, vol. 16, no. 3, pp. 27-32, 2017.

V. A. Fergiyawan, S. Andryana and U. Darusalam, "Alat Pemandu Jalan untuk Penyandang Tunanetra," Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 55-60, 10 Februari 2018.

D. Indra, A. R. Manga, Harlinda, Herman, E. I. Alwi, S. H. Mansyur, L. Nurhayati, Purnawansyah and A. M. Fajrin, "Implementasi Tongkat Cerdas sebagai Alat Navigasi bagi Penyandang Tuna," Komunikasi dan Informatika, pp. 17-20, 2019.

B. E., "Energy Haversting using Piezoelectricity," No Icesa, pp. 517-521, 2015.

E. A. and D. J. Inman, "Piezoelectric Energy Harvesting," Jhon Wiley & Sons, Ltd, 2011.

S. A. and A. A., "Distance Measurement of an Object by using Ultrasonic Sensors with Arduino and GSM Module," International Journal of Science Technology & Engineering, vol. 4, no. 11, pp. 23-28, 2018.

Fahmizal, "Menara Ilmu Otomasi Departemen Teknik Elektro dan Informatika," Universitas Gadjah Mada, 31 12 2019. [Online]. Available: https://otomasi.sv.ugm.ac.id/2019/12/31/timer-5-minutes-circuit-design-using-ic-ne555/. [Accessed 11 5 2021].

R. C. G. Tangdiongan, E. K. Allo and S. R. U. A. Sompie, "Rancang Bangun Alat Bantu Mobilitas Penderita Tunanetra Berbasis Microcontroller Arduino Uno," E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 6, no. 2, pp. 79-86, 2017.

Downloads

Published

2021-12-01