Aplikasi Teknologi Komunikasi Wireless Berbasis Zigbee Pada Sistem Kontrol Dan Monitoring Ruangan Kelas

Authors

  • Hasta Hasta Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nasional
  • Rulliyanto Rulliyanto Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/jig.v18i2.576

Keywords:

wireless, arduino, zigBee

Abstract

Merancang aplikasi teknologi komunikasi wireless berbasis zigbee pada sistem kontrol dan monitoring ruangan kelas. Dapat memanfaatkan fungsi dari jaringan kabel wireless sebagai media untuk mengontrol peralatan listrik jarak jauh. Idenya muncul setelah melihat pemanfaatan masalah ini terjadi dalam mengendalikan peralatan listrik dengan manual. Sistem kontrol tidak efektif dan efisien, karena masih memerlukan tenaga manusia untuk mengelola dan mengontrol peralatan listrik di setiap kelas. Desain menggunakan satu makets imulasi bangunan dibagi bagian terpasangl ampu pijar, kipas dan driver motor dalam ruangan dan terhubung kerelay yang terhubung dengan arus listrik kemudian dikendalikan dengan mikrokontroler Arduino UNO R3 dan komunikasi antara kedua bagian tersebut menggunakan ZigBee.

References

Nugra, Perkasa, Sistem Kontrol Jarak Jauh Melalui Media Jaringan Komputer Untuk Mengontrol Penerangan Ruangan Dan Air Conditioner (AC) Pada Laboratorium STMIK AMIKOM Yogyakarta Dalam Bentuk Maket Berbasis Mikrokontroler Arduino, Laporan Penelitian Teknik Informatika STMIK AMIKOM, Maret, 2013.

Arduino Uno board, “Based on the ATmega 328 (datasheet)”, http://arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardUno, 24.09.2013.

Atmel Corporation, “8-bit Microcontroller with 4K Bytes In-System Programmable Flash”, http://www.atmel.com/Images/doc2487.pdf, 2008, 05.11.2013.

M. Ary Heryanto, ST dan Wisnu Adi P, Ir, Pemrograman Bahasa C untuk Mikrokontroler Atmega 328, Yogyakarta, Andi.

“Visual Basic.NET Tutorial” http://mkasoft.com/downloads/VB.NET%20programming.pdf

Neda Noorani, “Wireless Multi-Sensor Monitoring System Utilizing IEEE 802.15.4 Communication Standards for Water Leakage Detection”, Department of Electrical and Computer Engineering

ZigBee Alliance, ZigBee and Wireless Radio Frequency Coexistence, White paper date june 2007.

Downloads

Published

2019-03-27