Perencanaan Jaringan Komunikasi Backbone antara Bangka dan Belitung Menggunakan Radio Microwave SDH

Authors

  • Andri Andri Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nasional
  • Rianto Nugroho Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/jig.v16i1.588

Keywords:

synchronous digital hierarchy, radio microwave, radio link

Abstract

Pembangunan jaringan telekomunikasi antara Pulau Bangka – Pulau Belitung menggunakan radio microwave dengan teknologi SDH (Synchronous Digital Hierarchy) yang dapat memenuhi kapasitas yang besar dan kehandalan yang cukup tinggi. Pemilihan komunikasi dengan radio microwave pada link ini disebabkan banyaknya kendala pada proses implementasinya, dimana link ini melewati lautan, oleh sebab itu tidak memungkinkan membangun komunikasi kabel laut dalam waktu relatif singkat. Maka sistem komuikasi radio microwave memberikan suatu solusi. Sistem ini merambat dalam garis pandang (line of sight) atau ruang bebas sehingga tidak diperlukan syarat utama yang harus dipenuhi dalam membangun komunikasi radio microwave. Sebelum membangun sistem komunikasi radio microwave maka dibutuhkan perencanaan agar sistem ini memenuhi kebutuhan suatu sistem komunikasi. Perencanaan dilakukan terdiri atas beberapa tahap seperti penentuan lokasi, penentuan rute radio link, konfigurasi radio link dan path analisys. Tahap-tahap tersebut dilaksanakan agar mendapatkan hasil yang maksimal pada suatu perencanaan. Hasil perencanaan dapat digunakan sebagai referensi penentuan penggunaan perangkat yang sesuai dengan spesifikasi dalam pembangunan komunikasi radio microwave dengan rute Pulau Bangka – Pulau Belitung agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan standarisasi internasional. Dalam hal ini standar yang digunakan mengacu pada ITU-R.

References

Bates, Regis J, Broadband Telecommunications Handbook, San Fransisco, 2002.

ITU-T Recommendation, Reability and Availability of Analogue Cable Transmission, 2003.

Roger L. Freeman. “Radio System Design for Telecommunication (1-100 Ghz)

Roger L. Freeman. “Telecommunication Transmission Handbook, Edisi ke Empat.

Rec. ITU-R P.530-8, “Propagation Data and Prediction Method Required for The Design of Terresterial LINE OF SIGHT System”.

Rec. ITU-R P. 453, The Radio Refractive Index: ITS Formula and Refractivity Data”.

Rec. ITU-R P 634-3, Error Performance Objectives for Real Digital Radi-Relay Link Forming Part of High-Grade Circuit Within An Integrated Service Digital Network”.

Rec. ITU-R P. 676-3, “Attenuation by Atmospheric Gases”.

Rec. ITU-R F.1093, “Effect of Multipath Propagation On The Design And Operation Of Line Of Sight Digital Radio-Relay Systems”.

Downloads

Published

2019-07-08