Analisis Konstruksi Mobil Surya Dengan Kapasitas 60 Kg Menggunakan Program Catia

Authors

  • Masyudi Masyudi Program Studi Teknik Mesin, Universitas Nasional, Jakarta
  • Wismanto Setyadi Program Studi Teknik Mesin, Universitas Nasional, Jakarta
  • Basori Basori Program Studi Teknik Mesin, Universitas Nasional, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47313/jig.v16i2.638

Keywords:

rangka, CATIA V5R17, poros, pasak, mobil surya.

Abstract

Rangka dan poros merupakan bagian mobil yang sangat penting dan vital, karena berfungsi sebagai penampang beban. Untuk itu diperlukan perhitungan untuk mendapatkan diameter poros agar rangkamampu untuk menerima beban baik beban statis maupun beban dinamis, yang dapat menimbulkan momen dan tegangan pada poros dan rangka. Oleh karena itu dibutuhkan perancangan yang seksama sehingga didapatkan ukuran rangka dan poros yang amanPerhitungan dan analisis dilakukan terhadap gaya , momen dan tegangan akibat pembebanan yang terjadi. Dalam melakukan proses analisis konstruksi dilakukan dengan mengitung dimensi poros, rangka dan pasak untuk rangka mobil surya. Sedangkan untuk perhitungan tegangan menggunakan program CATIA V5R17. Besarnya tegangan yang didapat dari perhitungan komputer kemudiaan dibahas dan dibandingkan dengan tegangan yang diizinkan pada standard yang berlaku. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan program CATIA V5 R17 pada rangka tidak mengalami overstress. Hasil perhitungan di peroleh spesifikasi material untuk rangka dan poros yaitu besi S40C, dimensi poros belakang 0.24 m, poros depan 0.02 m, Dimensi pasak belakang = lebar = 6 x 10^-3m ; tebal = 4x10^-3m ; panjang = 4,71x10^-3 m, .hasil tersebut menunjukan bahwa rangka aman dan memenuhi standar.

References

Pinem, Mhd. Daud,. 2010. Analisis Struktur dengan Metode Elemen Hingga (Finite Element Method)., Bandung : Rekayasa Sains.

Indrakto, Rifky Tatang. 2007. Analisis Pembebanan Statik dengan Variasi Temperature pada Connecting Rod Motor Honda Tipe Grand 100 cc Dengan Material Baja AISI 1006, AISI 1040 dan AISI 1070 Menggunakan Software CATIA V5R14. Fakultas Teknik UNS: Semarang.

Sularso dan Kiyokatsu Suga. Dasar-Dasar Perencanaan dan Pemilihan. Cetakan Kesembilan. 1997. Jakarta. PT. Pradnya Paramita.

Luiz Carlos Gertz. at al. 2014. Chassis Design for Electric Car Prototype, SAE Technical Paper # 2014-36-2015

Josep E. Shigley, Larry D. Mitchell, Gandhi Harahap. Perencanaan Teknik Mesin. Edisi Keempat. 2000. Jakarta. Erlangga.

Beer, Ferdinand P., E. Russell Johnston. Vector Mechanics for Engineers: STATICS.2nd edition. McGraw Hill. New York. 2001.

Spiegel, Leonard, George F. Limbrunner, Applied Statics And Strength Of Materials.2nd edition. Merrill Publishing Company. New York. 1994.

Khurmi, R.S. J.K. Gupta. A Textbook of Machine Design.S.I. Units. Eurasia Publishing House (Pvt) Ltd. New Delhi. 2004.

Mott, Robert L. 2004. Machine Element in Mechanical Design: Fourth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Callister Jr., WD. 1997. Materials Science and Engineering An Introduction. Edition. John Wiley and Sons. New York.

Downloads

Published

2021-04-20