Disain Awal Kapal Ikan Berbahan Fiberglass Kapasitas 30 GT

Authors

  • Amir Marasabessy Fakultas Teknik, UPN Veteran Jakarta, Jl.RS.Fatmawati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan 12450
  • Ahmad Zayadi Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional Jakarta – 12520
  • Sri Sulasminingsih Fakultas Teknik, UPN Veteran Jakarta, Jl.RS.Fatmawati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan 12450

DOI:

https://doi.org/10.47313/jig.v22i2.769

Keywords:

kapal ikan 30 GT, fiber glass, engine power.

Abstract

Selama ini dalam pembangunan kapal ikan 30 GT berbahan fiberglass oleh Kementrian Kelautan Perikanan ukuran pokok kapal selalu berbeda satu dengan lainnya, hal ini berdampak terhadap perbedaan penentuan besaran kecepatan dan besaran tenaga motor induk. Hal ini sebagai akibat dari perencanaan kapal yang tidak akurasi, jika besaran-besaran tersebut lebih besar dari yang direncanakan maka produksi kapal menjadi tidak ekonomis. Sebaliknya jika besaran tersebut secara lebih kecil dari yang direncanakan maka pihak pembangunan kapal akan dikenakan sanksi/ganti kerugian negara. Oleh sebab itu untuk perencanaan ukuran pokok kapal ikan 30 GT berbahan fiberglass pada tahapan preliminary design akan memperhatikan keakurasian dengan menggunakan program maxsurff. Pada makalah ini dilakukan perencanakan ukuran pokok kapal ikan 30 GT berbahan fiberglass yang akurasi. Metode yang digunakan dalam perencanaan ini adalah metode optimasi preliminary design dan optimation design approach serta metode statistik regresi linear. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dengan menggunakan Microsoft Excel add-in solver diperoleh ukuran pokok kapal yang optimum yakni panjang (Loa) = 21 m; Lebar (B) = 4 m; Tinggi (H) = 1.8 m; Sarat (T) = 1 m dan koefisien blok (Cb) = 0.5. Minimizing the main engine effective power sebesar 110.67 kW (150.47 Hp).

References

A. Marasabessy and S. Siagian, “Analisis Keretakan Pelat Zona Lambung Kapal Berbahan Fiber Glass,” Kapal, vol. 13, no. 3, p. 99, 2016.

T. Tarno, “Estimasi Model Regresi Linier Dengan Metode Median Kuadrat Terkecil,” J. SAINS DAN Mat., vol. 15, no. 2, pp. 69–72, 2007.

Z. Zong, Z. Hong, Y. Wang, and H. Hefazi, “Hull form optimization of trimaran using self-blending method,” Appl. Ocean Res., vol. 80, no. June 2017, pp. 240–247, 2018.

A. Papanikolaou, Ship design: Methodologies of preliminary design. 2014.

“Diesel Outboard Motors,” vol. 11, no. 2, 2014.

A. H. Muhammad, . Baharuddin, and H. Hasan, “Desain Freeboard Minimum Terhadap Keselamatan Dan Pengurangan Biaya Operasional Kapal Perikanan 30 Gt Di Perairan Sulawesi (Studi Kasus Km Inka Mina 759),” J. Ilmu dan Teknol. Kelaut. Trop., vol. 10, no. 2, p. 409, 2018.

S. N. Matafi, H. V. Dien, and F. P. T. Pangalila, “Simulasi pengaruh trim terhadap stabilitas kapal purse seine,” J. Ilmu Dan Teknol. Perikan. Tangkap, vol. 2, pp. 13–18, 2015.

Tri Nanda Citra Bangun, Ali Muntaha, and Sunardi, “Stabilitas Kapal Ikan Katamaran Sebagai Pengganti Kapal Purse Seine di Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur,” vol. I, no. 1, pp. 13–21, 2017.

M. A. Azis, B. H. Iskandar, and Y. Novita, “KAJIAN DESAIN KAPAL PURSE SEINE TRADISIONAL DI KABUPATEN Oleh : Mahasiswa Program Pasca Sarjana Departemen PSP FPIK IPB,” Albacore, vol. I, no. 1, pp. 69–76, 2017.

S. Gudmundsson, General Aviation Aircraft Design. Applied methods and procedures. 2014.

Downloads

Published

2019-11-29