Disain Awal Kapal Ikan Berbahan Fiberglass Kapasitas 30 GT
DOI:
https://doi.org/10.47313/jig.v22i2.769Keywords:
kapal ikan 30 GT, fiber glass, engine power.Abstract
Selama ini dalam pembangunan kapal ikan 30 GT berbahan fiberglass oleh Kementrian Kelautan Perikanan ukuran pokok kapal selalu berbeda satu dengan lainnya, hal ini berdampak terhadap perbedaan penentuan besaran kecepatan dan besaran tenaga motor induk. Hal ini sebagai akibat dari perencanaan kapal yang tidak akurasi, jika besaran-besaran tersebut lebih besar dari yang direncanakan maka produksi kapal menjadi tidak ekonomis. Sebaliknya jika besaran tersebut secara lebih kecil dari yang direncanakan maka pihak pembangunan kapal akan dikenakan sanksi/ganti kerugian negara. Oleh sebab itu untuk perencanaan ukuran pokok kapal ikan 30 GT berbahan fiberglass pada tahapan preliminary design akan memperhatikan keakurasian dengan menggunakan program maxsurff. Pada makalah ini dilakukan perencanakan ukuran pokok kapal ikan 30 GT berbahan fiberglass yang akurasi. Metode yang digunakan dalam perencanaan ini adalah metode optimasi preliminary design dan optimation design approach serta metode statistik regresi linear. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dengan menggunakan Microsoft Excel add-in solver diperoleh ukuran pokok kapal yang optimum yakni panjang (Loa) = 21 m; Lebar (B) = 4 m; Tinggi (H) = 1.8 m; Sarat (T) = 1 m dan koefisien blok (Cb) = 0.5. Minimizing the main engine effective power sebesar 110.67 kW (150.47 Hp).References
A. Marasabessy and S. Siagian, “Analisis Keretakan Pelat Zona Lambung Kapal Berbahan Fiber Glass,” Kapal, vol. 13, no. 3, p. 99, 2016.
T. Tarno, “Estimasi Model Regresi Linier Dengan Metode Median Kuadrat Terkecil,” J. SAINS DAN Mat., vol. 15, no. 2, pp. 69–72, 2007.
Z. Zong, Z. Hong, Y. Wang, and H. Hefazi, “Hull form optimization of trimaran using self-blending method,” Appl. Ocean Res., vol. 80, no. June 2017, pp. 240–247, 2018.
A. Papanikolaou, Ship design: Methodologies of preliminary design. 2014.
“Diesel Outboard Motors,” vol. 11, no. 2, 2014.
A. H. Muhammad, . Baharuddin, and H. Hasan, “Desain Freeboard Minimum Terhadap Keselamatan Dan Pengurangan Biaya Operasional Kapal Perikanan 30 Gt Di Perairan Sulawesi (Studi Kasus Km Inka Mina 759),” J. Ilmu dan Teknol. Kelaut. Trop., vol. 10, no. 2, p. 409, 2018.
S. N. Matafi, H. V. Dien, and F. P. T. Pangalila, “Simulasi pengaruh trim terhadap stabilitas kapal purse seine,” J. Ilmu Dan Teknol. Perikan. Tangkap, vol. 2, pp. 13–18, 2015.
Tri Nanda Citra Bangun, Ali Muntaha, and Sunardi, “Stabilitas Kapal Ikan Katamaran Sebagai Pengganti Kapal Purse Seine di Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur,” vol. I, no. 1, pp. 13–21, 2017.
M. A. Azis, B. H. Iskandar, and Y. Novita, “KAJIAN DESAIN KAPAL PURSE SEINE TRADISIONAL DI KABUPATEN Oleh : Mahasiswa Program Pasca Sarjana Departemen PSP FPIK IPB,” Albacore, vol. I, no. 1, pp. 69–76, 2017.
S. Gudmundsson, General Aviation Aircraft Design. Applied methods and procedures. 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).