Analisis Kerusakan dan Mekanisme Travel Motor pada Excavator R220-9S

Authors

  • Kis Yoga Utomo Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Krisnadwipayana Jl. Raya Jatiwaringin, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jakarta 13077
  • Alimuddin Alimuddin Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Krisnadwipayana Jl. Raya Jatiwaringin, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jakarta 13077
  • Cahyono H P Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional Jakarta 12520

DOI:

https://doi.org/10.47313/jig.v23i1.868

Keywords:

analisis kerusakan, travel motor, excavator, lembar periksa, diagram fishbone

Abstract

Travel motor berfungsi sebagai sistem kendali dan rem untuk mengoperasikan unit bergerak maju, mundur, ke kanan dan ke kiri. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui kerusakan, penyebab kerusakan, dan mengetahui mekanisme atau cara kerja pada travel motor Excavator Hyundai R220-9S. Prosedur pemeriksaan dilakukan dengan cara wawancara Operator, pembongkaran dan uji sample oli di laboratorium. Selanjutnya dilakukan analisis kerusakan pada travel motor menggunkan diagram fishbone yaitu metode sebab akibat diagram untuk menganalisa penyebab kerusakan pada travel motor reduction dan lembar periksa (check sheet) yaitu untuk menentukan jumlah dan jenis yang tidak sesuai atau yang sering disebut kegagalan produk. Hasil analisis kerusakan pada travel motor ini berawal dari salah pengoperasian dan salah sistem pemeliharaan sehingga terjadi kerusakan komponen pada floating seal, oli gir, dan inner komponen gir lainnya yang berada di dalam mekanisme travel motor yang disebabkan oleh terkontaminasinya travel motor reduction dengan air, debu, kotoran yang menyebabkan mekanisme dari travel motor reduction terganggu dan menimbulkan noise. Langkah perbaikan yang dilakukan dengan mengganti komponen-komponen yang rusak. Tindakan pencegahan yaitu menjalankan sistem pemeliharaan dengan benar dan pengoperasian sesuai dengan operation & maintenance manual.

References

Veny Selviyanty LC, Kerusakan Poros Motor Final Drive dan Solusi Pemeliharaan pada Unit Excavator 220, JurusanTeknik Mesin, Sekolah TinggiTeknologi Pekanbaru. Jurnal Surya Teknika Vol. 4 Desember 2016, ISSN: 2354-6751.

School, UT. 2009, basic troubleshooting, Jakarta: sekolah vokasi universitas muhammadiyah surakarta

Anonim. 2002. “Service Manual Book R220-9S”. Korea: P.T. Hyundai Construction Equipment.

Anonim. 2002,” Operating and Maintenance Manual Book R220-9S”. Korea: PT. Hyundai Construction Equipment.

Irwandy MI, 2008. “Teknik Automobile”. Penerbit: STT-PLN.

Dahmir Dahlan, 2012. “Elemen Mesin”. Penerbit: Citra Harta Prima, Jakarta.

Neru Danarbroto. 2013, “Analisa Patah Lelah pada Roda Gigi”, Fakultas Teknik Universitas Pandanaran.

Kurmi & J.K. Gupta, R.S. 2005. “Machine Design”. Eurasia Publishing House, Ram Nagar, New Delhi. Kurmi & J.K. Gupta, R.S. 2005. “Machine Design”. Eurasia Publishing House, Ram Nagar, New Delhi.

Mahfuddin Hanif, (2017) Analisa Mekanisme Swing Device Pada Excavator Keihatsu 921 C, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Frank Kreith. 1997. “Prinsip-prinsip Perpindahan Panas” Edisi Ketiga, University of Colorado.

Downloads

Published

2020-07-24