EVIDENCE BASED NURSING TERAPI MUROTTAL PADA KLIEN PREEKLAMPSIA POST SECTIO CAESAREA

Risnah Risnah, Eva Yustilawati, Andryana Agrevita

Abstract


Terapi murottal adalah salah satu penerapan Evidence Based Nursing (EBN) untuk mengurangi gangguan pemenuhan rasa nyaman (Nyeri). Terapi murottal iadalah terapi yang memperdengarkan irekamani isuarai iAl-Qur’ani iyang idilagukan ioleh iseorang iqori’ i(pembaca iAl-Qur’an).  Tujuan dari EBN ini adalah dapat membantu menurunkan tingkat nyeri yang dirasakan klien, dapat membantu membuat klien lebih rileks, dapat membantu menurunkan tekanan darah klien. Skor nyeri di ukur menggunakan Numerik Rate Scale (NRS). Dalam penerapan EBN didapatkan bahwa terapi murottal dapat membantu menurunkan nyeri. Hasil penerapan EBN ini didapatkan bahwa pada saat pada hari pertama klien mengalami penurunan tingkat nyeri yaitu skala nyeri 7  ke skala nyeri 6 (NRS), kemudian pada hari kedua yaitu skali nyeri 6 turun hingga skala nyeri 4 (NRS) dan hari ketiga skala nyeri klien berada pada angka 3(NRS).

 


Full Text:

PDF

References


Anwar, M, Bazrad, A, & Prabowo, R. P. (2011). Ilmu Kandungan. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Departemen Kesehatan RI. (2015). Departemen Kesehatan RI. Profil Kesehatan 2015.

Dinas Kesehatan Provinsi Sul-Sel. (2017). Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017.

Kementrian Kesehatan, R. (2013). Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu di Fasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan. Jakarta: UNICEF.

Kuncoro. (2015). Analisis Praktik Klinik Keperawatan Pada Pasien CKD (Chronic Kidney Disease) Dengan Pemberian Terapi Murottal Al-Qur’an Terhadap Tingkat Kecemasan Di Ruang RSUD A.W.Sjahranie Samarinda. Karya Ilmiah Akhir Ners, Samarinda, Stikes Muhammadiyah Samarinda, In.

Nadhia Elsa. (2015). Pengarh Terapi Mendengarkan Murottal Al-Qur’an Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Presirkumsisi di Rumah Sunat Bintaro. Universitas Hidayatullah Jakarta.

Purwati, E., Machmudah, M., & Khayati, N. (2019). Terapi Murottal Al-Qur’an Menurunkan Intensitas Nyeri Post Sectio Caesarea di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Maternitas, 2(1), 35. https://doi.org/10.32584/jikm.v2i1.298

Risnah. (2018). Sejarah Teori dan Model Keperawatan. Makassar: Pusaka Al Maida.

Sherwood, L. (2011). Fisiologi Manusia. Jakarta: EGC.

Sholeh, M. (2012). Agama Sebagai Terapi Telaah Menuju Kedokteran Holistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

SIKI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia: Defenisi dan Tindakan Keperawatan. Jakarta: DPP PPNI.

Sjamsuhidajat, R., & Jong, W. (2012). Buku Ajar Ilmu Bedah. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sukarni, I., & Margaretha, Z. H. (2013). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Nuha Medika.

WHO, W. H. O. (2013). Maternal and Reproductive Health


Refbacks

  • There are currently no refbacks.