ANALISIS PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN IDXESGL30

Authors

  • Emir Fikri Herdani Program Studi Manajemen Universitas Mercu Buana
  • Rossita Kurniawati Program Studi Manajemen Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.47313/jib.v43i1.1476

Keywords:

good corporate governance, intellectual capital nilai perusahaan, idxesgl, vaic

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital melalui VAICTM (VAHU, VACA dan STVA) dan good corporate governance melalui variabel Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komposisi Komisaris Independen dan Kualitas Audit terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah perusahaan yang terdaftar dalam indeks IDXESGL, dan sampel penelitian adalah sejumlah 30 perusahaan. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis analisis deskriptif, uji koefisien determinasi (R2), Uji Regresi Linier Berganda, goodness of fit, uji signifikansi parameter individual (uji t) dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) variabel intellectual capital tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; (2) variabel kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; (3) variabel kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; (4) komposisi komisaris independen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan; dan (5) kualitas audit tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

References

Annisa Hediyanti Muasiri & Erna Sulistyowati. (2021). Pengaruh Intellectual Capital dan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pofitabilitas Sebagai Variabel Moderasi.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (1st edition).

Darmadji, T., &Fakhruddin, H. J. (2001). Pasar Modal Indonesi. Salemba Empat.

De Angelo, L.E. (1981). Auditor Size and Audit Quality. Journal of Accounting and Economics : 183-199.

Harjito, A. (2005). Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Ekonisia.

Indri Kartika & Dwi Payana. (2021). Good Corporate Governance dan Intellectual Capital sebagai Determinan Nilai Perusahaan.

Issabella Octaviany G. (2015). Pengaruh Intellectual Capital Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan yang Termasuk dalam Kelompok “Sepuluh Besar” Pemeringkatan Corporate Governance Perception Index).

Kezia Josephine, Estralita Trisnawati & Herlin Tundjung Setijaningsih. (2019). Pengaruh Modal Intelektual dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45 di bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017).

Ni Kadek Umi Sawitri & Made Arie Wahyuni. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance dan Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan.

Rilla Gantino & Leli Ruliati Alam. (2020). Pengaruh Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dimoderasi oleh Kinerja.

Sartono, A. (2010). Management Keuangan Teori serta Aplikasi. BPFE.

Sugiyono. (2019). Metode Kajian Kuantitatif. Alfabeta.

Titah Adrian Kinanti Kusumaningtyas, (2015). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar Pada Indeks Sri-Kehati. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi. Vol. 4 No. 7.

Ulum, I. (2009). Intellectual Capital. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Verawaty, Citra Indah Merina & Setri Ayu Lastari. (2017). Pengaruh Intellectual Capital, Earnings Management, Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan denga GCG Sebagai Pemoderasi.

Yenita Arini & Musdholifah Musdholifah. (2018). Pengaruh Intellectual Capital dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Keuangan. (Studi Pada Perusahaan Subsektor Perbankan yang Listing di BEI Periode 2013 – 2016)

Published

2022-02-17

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.