SENI TRADISIONAL DAN PENDIDIKAN ILMU SOSIAL: TINJAUAN FILSAFAT MANUSIA

Authors

  • Endang Retnowati Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan-LIPI

DOI:

https://doi.org/10.47313/jib.v40i53.270

Keywords:

seni tradisi, pendidikan, institusi social, kemanusiaan, filsafat

Abstract

Seni tradisional berfungsi pendidikan kemanusiaan. Makalah ini mengupas bagaimana kaitan antara seni tradisional dan pendidikan kemanusiaan, dengan menggunakan perspektif filsafat Martin Heidegger dan Driyarkara. Data dikumpulkan dalam studi pustaka. Metode peneplian yang diguanakan adalah penelitian kualitatif. Analisis studi ini adalah interpretasi dengan menggunakan perspektif filsafat kedua tokoh tersebut ditambah dengan pemikiran reflektif. Temuan dalam studi ini memberikan afirmasi bahwa pendidikan kemanusiaan dapat dilakukan melalui medium seni, baik dengan konten teori maupun praktik sehari-hari; agen agen pendidikan mencakup keluarga, dan kemudian institusi lain seperti sekolah, media, dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Downloads

Published

2017-07-14

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.