A COMPARISON OF THE COURSE SCHEDULES AND THEIR EFFECTS ON MOTIVATION AND TEST SCORE IN TOEIC TEST IN POLITEKNIK ENJINERING INDORAMA

Occe Luciana

Abstract


Studi ini membahas perbandingan antara dua group mahasiswa yang pembelajarannya dilakukan pada waktu yang berbeda. Group pertama adalah mahasiswa yang kelasnya diadakan setelah perkuliahan normal, dan group kedua dengan pembelajaran pada jam kuliah seperti biasa. Dari dua kelompok studi dengan waktu belajar yang berbeda ini, penulis membuat perbandingan jadwal perkuliahan dan efeknya pada hasil tes TOEIC dan motivasi belajar. Motivasi belajar ditampilkan dalam absen kehadiran, dan hasil tes ditunjukkan dalam daftar skor TOEIC. Populasi studi adalah seluruh mahasiswa semester IV yang  berkuliah di kampus Politeknik Enjinering Indorama. Adapun sampel, yaitu  58 mahasiswa terdiri dari 31 orang mahasiswa angkatan pertama  dan 27 mahasiswa angkatan kedua. Data yang dikumpulkan diambil dari daftar hadir untuk kedua group, hasil tes TOEIC, dan tabel level TOEIC menurut skor, lalu  mengubahnya menjadi rata-rata persentase. Hasil dari perbandingan  jadwal kelas yang berbeda dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan  Skor pada tes TOEIC  menunjukkan bahwa  tidak ada pengaruh yang signifikan dari jadwal perkuliahan yang diadakan setelah jadwal perkuliahan biasa  dengan perkuliahan yang diberikan pada  waktu perkuliahan normal terhadap hasil tes TOEIC. Ini dibuktikan dengan hasil tes mahasiswa angkatan pertama  dan angkatan kedua  yang tidak terlalu besar perbedaannya. Mean score 292 untuk mahasiswa angkatan pertama dan Mean score 270 untuk mahasiswa angkatan kedua membuktikan bahwa  mean dari para responden yang mengambil jadwal kuliah setelah jam kuliah normal dan jam perkuliahan pada jam kuliah biasa, masih dalam range yang sama, artinya tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Kedua, terdapat pengaruh  yang signifikan dari jadwal kuliah yang diadakan setelah jam perkuliahan normal  dan dalam waktu perkuliahan normal terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan  masalah kehadiran pada mahasiswa angkatan pertama. Mean 17% untuk angkatan pertama dan Mean 91% untuk angkatan kedua, membuktikan bahwa jadwal kuliah yang diadakan di akhir perkuliahan normal menyebabkan motivasi belajar mahasiswa angkatan pertama menurun.

Keywords


Jadwal kursus, motivasi, TOEIC

Full Text:

PDF

References


Baker, Collin. 1992. Attitudes and Language. Great Britain: WBC Print Ltd, Bridgend.

Elektra. 2017. Vol.2 No. 1. Jurnal Ilmiah Bidang Teknik Elektro, Mesin, dan Informatika. LPPM Poltek Enjinering Indorama.

Luciana, 2008. Parents’ Support in Enhancing their Children’s Ability in Learning English. Paper.

Nazir, Moh., 2003. Metode Penelitian. Cet.3 Jakarta: Ghalia Indonesia.

Renchler, Ron. 1992. Student Motivation, School Culture, and Academic Acheivement, www. ERIC.com. (7 Agustus 2007).

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Zainun, Buchari. 2000. Manajemen Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Balai Aksara.

https://www.questia.com/library/p593/journal-of-educational-multimedia-and-hypermedia/i2626210/vol-13-no-3-fall2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.