THE EFFECTS OF PREPARATION CLASS AND STUDENT ATTENDANCE TOWARDS TOEIC SCORE IN STIE WIKARA PURWAKARTA

Authors

  • Occe Luciana STIE Wikara Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.47313/jib.v41i63.691

Keywords:

Kelas Persiapan, Kehadiran mahasiswa, Tes TOEIC

Abstract

Studi ini mengetengahkan tentang pengaruh kelas persiapan yang diadakan sebelum tes TOEIC dan juga melibatkan pengaruh kehadiran mahasiswa (absensi) di kelas persiapan tersebut. Adapun kelas persiapan, ini tidak memilki pengaruh apapun terhadap hasil tes TOEIC mahasiswa STIE Wikara. Dibuktikan dengan hasil yang diperoleh berdasarkan uji korelasi, nilai korelasi antara X1 dengan variabel Y sangat kecil, nilai p-value (sig) lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan atau asosiasi yang signifikan antara variabel kelas persiapan  (X1), dengan variabel skor TOEIC (Y). Lain hal nya dengan kehadiran (absensi) mahasiswa. Nilai korelasi antara variabel X2 dengan variabel Y dapat dikatakan cukup tinggi dan memiliki nilai p-value (sig)yang lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan atau asosiasi yang signifikan antara variabel persentase kehadiran (X2) dengan  skor TOEIC (Y) mahasiswa di kampus STIE Wikara. Berdasarkan tabel uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 13,155 dan nilai p-value (sig) sebesar 0,000. Nilai p-value ini < = 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas persiapan (X1) dan pesentase kehadiran (X2) secara bersama-sama terhadap skor TOEIC Mahasiswa (Y).

References

Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, dan Masalahmasalah Sosial. Gaya Media Jogyakarta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

ETS. 2018. Propell Teacher Workshop for the TOEIC test: ITC

Hadari Nawawi. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Hajirah, Siti. 2015. Pengaruh persiapan materi siswa terhadap hasil belajar. Jurnal. E-journal geo Tadulako - Untad

Pamungkas, Adi. Mustafidah, Hindayati. 2016. Analisis kedisiplinan belajar mahasiswa terhadap nilai mata kuliah…. Jurnal. Sainteks.

Putri, Eka. Erlinda, Susi. 2012. Analisis minat belajar mahasiswa & tingkat kehadiran….Jurnal. Juita.

https://www.mheducation.ca/blog/how-important-is-it-for-students-to-cometo-class-prepared/

https://tophat.com/blog/student-attendance-harvard/

Student Attendance Matters, Even If Lectures Are Online. Ask Harvard. By Karen Quevillon. 2017.

https://id.wikipedia.org/wiki/TOEIC

Downloads

Published

2019-11-21

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.