FAKTOR-FAKTOR DAYA SAING INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) PERTENUNAN (Suatu Kasus pada IKM Pertenunan di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung)

Authors

  • Eddy Guridno Universitas Nasional
  • Sugito Efendi Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/jib.v41i69.893

Keywords:

resources, capital, human, utilization

Abstract

Simultaneously the source of competitive advantage in aspects of human resources, capital resources, technology, and competitive strategy has a significant effect on competitiveness. Competitive advantage in terms of human resources has a strategic and most significant influence on competitiveness compared to other variables. Relationships that are owned are directly proportional or positive. This means that the better the utilization and development of human resources owned by the company, the company's competitive position in the market will be stronger.

References

Astri Apriliani.(2005). Hubungan Kualitas Keterkaitan, Teknologi dan Sumber Daya Manusia dengan Daya Saing Klaster Industri Logam Kabupaten Sukabumi.Skripsi Sarjana pada FPIPS UPI Bandung;tidak diterbitkan

Badan Pusat Statistik.(2004) Jawa Barat dalam Angka.Bandung:BPS

Badan Pusat Statistik.(2004) PDRB Kabupaten Bandung.Bandung:BPS

Badan Pusat Statistik(2004) Kabupaten Bandung dalam Angka.Bandung:BPS

Bambang Riyanto. (1995). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan.

Yogyakarta: Yayasan Badan Penerbit Gajah Mada

Basu Swastha dan Handoko T.H.(1987). Manajemen Pemasaran dan Analisa

Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty

Buchari Alma.(1985). Pengantar Ilmu Ekonomi Perusahaan. Bandung:Dunia

Usaha IKIP

Budi W Soetjipto Dkk.(2002). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya

Manusia. Yogyakarta:Amara Books

Burhanudin Hanafiyah.(1999,02,07). Prioritas Pengembangan Sektor

Industri Berdasarkan Keterkaitan Hulu dan Hilir Propinsi Daerah

Tingkat I Jabar. Departemen Teknik Planologi-ITB with 1 file(s).

Tersedia: lennyf@pl.itb.ac.id

Cicip Sutardjo,S.(2004,23 Juni). Pemulihan Ekonomi Lewat UKM. Media

Indonesia[online] halaman 3. Tersedia: http://www.mediaindonesia.com

Cooper, Donald & C.William Emory.(1999). Metode Penelitian

Bisnis.Jakarta:Erlangga

Cravens, David W.(1996). Pemasaran Strategis Jilid I. Jakarta:Erlangga

Crown Dirgantoro.(2001). Manajemen Strategik, Konsep, Kasus dan

Implementasinya. Jakarta: Grasindo

Damayanti, Y.(2000). Pengaruh Struktur Pasar Terhadap Kinerja Industri

Makanan di Indonesia. Tesis Magister pada FPS UNPAD Bandung;

tidak diterbitkan

Devi aryani.(2004). Pengaruh Keunggulan Bersaing terhadap Laba Usaha

(Suatu studi tentang pengaruh keunggulan biaya rendah dan

diferensiasi produk terhadap laba pengusaha industri konveksi di kota

Bandung). Skripsi Sarjana pada FPIPS UPI Bandung;tidak diterbitkan

Djaslim Saladin.(2003). Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan.

Bandung: Linda Karya

Fitri Safitri.(2000). Hubungan Antara Persepsi Tingkat Persaingan dan

Kebijakan Pemerintah dengan Laba Industri Kecil Kerajinan

Anyaman Pandan di Kec.Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Skripsi

Sarjana pada FPIPS UPI Bandung;tidak diterbitkan

Gary, Dessler.(1997). Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: PT

Prenhallind

Gaspersz, Vincent.(1996). Ekonomi Manajerial. Jakarta: Erlangga

Grant, Robert M.(1995). Analisis Strategi Kontemporer, Konsep, Teknik dan

Aplikasi. Jakarta: Erlangga

Gujarati, Damodar & Sumarno Zain.(1998).Ekonometrika Dasar.Jakarta:

Erlangga

Harun Al-Rasyid.(1994). Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala.

Bandung:Program Studi Ilmu Sosial Bidang Kajian Utama Sosiologi

Antropologi Program Pasca Sarjana UNPAD

J.Ravianto Putra.(1985).Produktifitas dan Manajemen.Jakarta:Lembaga

Sarana Informasi dan Produktifitas

J.Supranto.(2003). Statistik Teori dan Aplikasi, edisi kelima Jilid 2.

Jakarta:Erlangga

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo

Keegan, Warren J.(1995). Manajemen Pemasaran Global Jilid I. Jakarta :

Prenhallindo

Melati Dewi Asri.(2005).Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Daya

saing Industri Kecil Makanan dan Minuman Berdasarkan Porter’s

Diamond Model di Kota Bandung. Skripsi Sarjana pada FPIPS UPI Bandung;tidak diterbitkan

Nangoi, Ronald.(1997). Marketing dalam Era Globalisasi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Downloads

Published

2020-08-31

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.