WATAK DAN SIFAT TANAH AREAL REHABILITASI MANGROVE TANJUNG PASIR, TANGERANG

Authors

  • Khoe Susanto Kusumahadi

Abstract

Watak dan sifat tanah ini hasil pengukuran kelompok penelitian di areal rehabilitasi mangrove di Tanjung Pasir, Tangerang, Jawa Barat yang dilakukan Tim Fakultas Biologi Unas dan P2O LIPI Jakarta.  Keadaan tanah di areal ini untuk pH tanah tidak menjadi persoalan.  Bahan organik dalam keadaan berkembang, agregasi tanah tidak menjadi mantap, sehingga mudah terurai dan menjadi perosalan untuk ketegakan tanaman penghijauan.  Kegaraman, terutama tanah di areal pematang tambak menjadi persoalan karena garam yang tinggi ini dikawatirkan mengganggu pertumbuhan.  Unsur hara secara umum pada tanah di areal rehabilitasi tidak menjadi persoalan.  Untuk menunjang keberhasilan dalam rehabilitasi mangrove di areal ini, perlu dilakukan pengaturan kelengasan tanah.  Selain itu perlu diperhatikan keberadaan unsur beracun (B, S, H2S, FeS) yang kemungkinan terbentuk di bawah tegakan Rhizophora.

References

Hardjowigeno, S. Ilmu tanah. Mediyatama Sarana Perkasa, Jakarta. 1987.

Jefferies, R.L. Aspects of salt-marsh ecology with particular reference to in organic plant nutrition (dalam Barnes, R.S.K. dan Green, J (editor): The estuarine environmenth. Applied Science Publishers Ltd. London. 1972.

Krauskopf, K.B. Introduction to geochemistry. Mc Graw-Hill Book Company. New York. 1967.

Longman, K.A. dan Jenik, J. Tropical forest and is environment. Longman Group Limited. London. 1974.

Notohadiprawiro, T. Tanah estuarin, watak, sifat kelakkuan dan kesuburannya. Ghalia Indone-sia, Jakarta. 1986.

Stewart, W.D.P. Estuarine and brachish watwers, an introduction (dalam Barnes, R.S.K. dan Green, J. (editor): The estuarine environment. Applied Science Publishers Ltd. London. 1972.

Downloads

Published

2012-03-29

Issue

Section

Articles