Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Malnutrisi pada Balita di Puskesmas Indong Halmahera Selatan Maluku Utara

Authors

  • Ika Mahartiningsih Universitas Nasional
  • Rini Kundayanti Universitas Nasional
  • Suprihatin Suprihatin Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/jkkn.v1i1.2260

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi masalah gizi di Halmahera Selatan pada tahun 2020 dengan balita kekurangan berat badan 114 balita, kekerdilan 145 balita dan wasting 70 balita. Gizi merupakan salah satu faktor penentu untuk mencapai kesehatan yang prima dan optimal. Malnutrisi yaitu adanya kekurangan, kelebihan atau ketidak seimbangan asupan energi atau nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Terjadinya malnutrisi tidak hanya disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi, terdapat faktor lainnya seperti adanya paparan patogen, akses terhadap perawatan kesehatan dan kemiskinan.

Tujuan: untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian malnutrisi pada balita di Puskesmas Indong Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara.

Metode: Penelitian ini menggunakan Case Control Retrospective. Populasi pada penelitian ini orang tua dengan anak balita umur 6-59 sebanyak 250 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan urposive sampling. Instrument yang digunakan berupa kuesioner dari penelitian lain yang telah di uji Validitas dan Reliabilitas. Analisis data menggunakan uji Chy Square Test.

Hasil Penelitian: dari 50 ibu balita yang mengalami malnutrisi sebanyak 74% balitanya memiliki riwayat penyakit infeksi, 60% anggota keluarganya sedikit (keluarga kecil), 84% pendapatan kurang, 70% berpengetahuan kurang, 74% ketersediaan pangan kurang, 82% PHBS kurang baik, 68% pola asuh kurang baik. Hasil analisis bivariat menunjukkan riwayat penyakit infeksi p-value 0,817, besar keluarga p-value 0,405, pendapatan keluarga p-value 0,006, pengetahuan p-value 0,015, ketersediaan pangan p-value 0,000, PHBS p-value 0,009, pola asuh p-value 0,067.

Kesimpulan: berdasarkan hasil penelitian, faktor yang berhubungan dengan kejadian malnutrisi pada balita yaitu pendapatan keluarga, pengetahuan, ketersediaan pangan dan PHBS

Downloads

Published

2023-03-21

Issue

Section

Articles