Hubungan Pengetahuan dengan Kejadian Hipertensi pada Usia Dewasa Awal di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta

Authors

  • Nita Sukamti Universitas Nasional
  • Jeny Hidayati Putri Universitas Nasional
  • Millya Helen Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/jkkn.v1i1.2261

Abstract

Latar belakang: Dewasa awal adalah tingkatan dalam pertumbuhan kehidupan manusia. Pada usia dewasa awal seringkali memiliki penyakit degenaratif yang disebabkan oleh pola hidup yang kurang baik, secara umum penyakit degeneratif yang kerap dialami adalah hipertensi. Hasil penelitian yang dilakukan tahun 2018, angka ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi menjadi 13.2% pada usia 18-24 tahun, 20.1% di usia 25-34 tahun dan 31.6% pada kelompok usia 25-44 tahun. Pengetahuan dengan kesadaran pada pasien tentang hipertensi merupakan faktor yang penting dalam mengontrol tekanan darah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan kejadian hipertensi pada usia dewasa awal di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta.

Metodologi penelitian: penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan metode cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah 54 responden.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 50% responden memiliki pengetahuan sedang terhadap hipertensi, 48,1% responden mengalami hipertensi tingkat 1. Uji chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dengan kejadian hipertensi pada usia dewasa awal di Kecamatan Kebon Jeruk (p value 0,008 < 0,05).

Pembahasan: Pengetahuan yang perlu diketahui oleh penderita hipertensi adalah mengetahui penyebab hipertensi, tanda dan gejala yang dapat dikenal, memodifikasi gaya hidup untuk mencegah terjadinya komplikasi seperti kurangi merokok, mengurangi kadar kolesterol, olahraga  teratur,  dan memanfaatkan fasilitas kesehatan dengan pergi ke puskesmas atau rumah sakit.

Kesimpulan: Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dengan kejadian hipertensi pada usia dewasa awal di Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta.

Kata kunci: pengetahuan, hipertensi, dewasa awal

Downloads

Published

2023-03-21

Issue

Section

Articles