PENGARUH ATMOSFER TOKO, LOKASI DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PLANET BAN MARGONDA RAYA, DEPOK

Authors

  • Rachmat Hidayat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional
  • Atsari Sujud Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.641

Keywords:

Atmosfer toko, lokasi, keragaman produk, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atmosfer toko, lokasi dan keragaman
produk terhadap keputusan pembelian pada Planet Ban Margonda Raya, Depok. Populasi
penelitian yang digunakan adalah pengguna jasa di Planet Ban Margonda Raya, Depok.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling dengan
jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi
linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atmosfer toko, lokasi dan
keragaman produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian pada Planet Ban Margonda Raya, Depok

References

Alma, B. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Anderson, D.R., D.J. Sweeney dan T.A. Williams. 2011. Statistics for Business and

Economics. Eleventh Edition. Cengage Learning. Boston.

Antari, K.R.M., K. Dunia dan L. Indrayani. 2014. Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap

Keputusan Berbelanja pada Mini Market Sastra Mas Tabanan. Jurnal Pendidikan

Ganesha. 4(1): 1-11.

Berman, B. dan J.R. Evans. 2004. Retail Management: A Strategic Approach. Ninth

Edition. Prentice Hall. New Jersey.

Bruner, G.C. 1990. Music, Mood and Marketing. Journal of Marketing. 54(4): 94-104.

Fahimah, A. Fauzi dan K. Hidayat. 2015. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan

Pembelian: St=urvei pada Pengunjung di Madam Wang Secret Garden Cafe

Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. 28(2): 1-10.

Hanafitrah, A. dan Widiartanto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere dan

Discount terhadap Keputusan Pembelian Distro House of Smith Semarang. Jurnal

Ilmu Administrasi Bisnis. 7(1): 1-12.

Kotler, P. 2001. Atmospherics as a Marketing Tool. Journal of Retailing. 49(4): 48-64.

. dan K.L. Keller. 2008. Marketing Management. 13th Edition. Prentice Hall. New

Jersey. Terjemahan B. Sabran. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga.

Jakarta.

. dan G. Armstrong. 2007. Principles of Marketing. 12th Edition. Prentice Hall.

New Jersey. Terjemahan D. Sihombing. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi

Erlangga. Jakarta.

Levy, M. Dan B.A. Weitz. 2001. Retailing Management. Fourth Edition. McGraw-Hill.

New York.

Lisdayanti, A. 2017. Pengaruh Lokasi, Store Atmosphere, Harga dan CRM terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen pada the Milk Bar Bandung. Sustainable

Competitive Avantage. 7: 169-187.

Mowen, J.C. dan M. Minor. 1997. Consumer Behavior. 5th Edition. Prentice Hall. New

Jersey. Terjemahan D.K. Yahya. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Kelima.

Erlangga. Jakarta.

Ogi, Y., A. Supandi dan J. Rotinsulu. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman

Produk dan Citra terhadap Keputusan Pembelian di Matahari Mega Mall Manado.

Jurnal EMBA. 6(4): 3953-3962.

Planet Ban. 2018. https://www.planetban.com/. 3 Januari 2018 (23:18).

Prambudi, Y. dan A. Rachmi. 2017. Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk

terhadap Keputusan Pembelian di Cap Jempol Ponsel Malang. Jurnal Aplikasi

Bisnis. 3(1): 80-85.

Schiffman, L.G., dan L.L. Kanuk. 2000. Consumer Behavior. 7th Edition. Prentice Hall.

New Jersey. Terjemahan Z. Kasip. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh.

Indeks. Jakarta.

Simamora, H. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Cetakan Pertama. Salemba

Empat. Jakarta.

Suwarman, U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.

Edisi 2. Ghalia Indonesia. Bogor.

Swastha, B. dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2009. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Ketujuh. Andi. Yogyakarta.

Top Brand Award. 2018. Top Brand Index 2016 Fase 2 Kategori Retail.

https://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index

_fase_2. 3 Januari 2018 (22:10).

Top Brand Award. 2018. Top Brand Index 2017 Fase 2 Kategori Retail.

https://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index

_fase_2. 15 Fabruari 2018 (21:49).

Utami , C.W. 2010 . Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel

Modern di Indonesia. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta.

. 2015 . Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel

Modern di Indonesia. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

Published

2019-07-10