PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN KERETAAPI KELAS EKSEKUTIF ARGO PARAHYANGAN

Authors

  • Meida Ramita Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional
  • Rahayu Lestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.642

Keywords:

Persepsi harga, kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan konsumen, minat pembelian ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan
dan kualitas produk terhadap kepuasan dan dampaknya pada minat pembelian ulang
konsumen kereta api kelas eksekutif Argo Parahyangan. Sampling dilakukan dengan
mengunakan teknik non probability sampling, yakni accidental sampling method dengan
jumlah sampel sebanyak 100 responden yang terdiri dari para konsumen kereta api kelas
eksekutif Argo Parahyangan di Stasiun Gambir. Data penelitian dianalisis dengan
menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi harga, kualitas pelayanan dan kualitas
produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen
kereta api kelas eksekutif Argo Parahyangan; dan (2) kepuasan konsumen berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang konsumen kereta api kelas eksekutif
Argo Parahyangan.

References

Fadillah, F. dan H. Prabowo. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek

Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang Pada

PT Diva Karoke. JP FEB UNSOED. 4(1): 216-227.

Ferdinand, A. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan Penerbit

Universitas Diponegoro. Semarang.

. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Edisi Keempat. Badan Penerbit

Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghassani, M.T. dan S. Suryoko. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap

Minat Beli Ulang Bandeng Juwana Vaccum Melalui Kepuasan Konsumen sebagai

Variabel Intervening: Studi Kasus pada Pelanggan PT Bandeng Juwana Elrina

Semarang. Diponegoro Journal of Social and Political Science. 6(4):1-8.

Handayani, W. dan E. Soliha. 2015. Citra dan Persepsi Harga dalam Mempengaruhi

Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi pada Pelanggan

Business Centre SMK Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Multi

Disiplin Ilmu dan Call for Papers Unisbank: SENDI U. Universitas STIKU

BANK.

Harjati, L. dan Y. Venesia. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap

Kepuasan Pelanggan pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal

WIDYA Ekonomika. 1(1): 64-74.

Kotler, P. dan G. Armstrong. 2010. Principles of Marketing. 13th Edition. Prentice Hall.

New Jersey. Alih Bahasa A. Sindoro dan B. Molan. 2012. Prinsip-Prinsip

Pemasaran. Edisi 13. Erlangga. Jakarta.

_______. dan K. L. Keller. 2006. Marketing Management. 12th Edition. Prentice Hall. New

Jersey. Alih Bahasa H. Teguh, R.A. Rusli dan B. Molan. 2012. Manajemen

Pemasarean. Edisi 12. Erlangga. Jakarta.

Kusdyah, I. 2012. Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, dan Keinginan

Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan: Studi Kasus Erha Clinic Surabaya. Jurnal

Manajemen Pemasaran. 7(1): 25-32.

Lamb, C.W., J.F. Hair dan C.D. McDaniel. 2004. Marketing. 7th Edition. South-Western.

Mason.

Lee, S. dan A. Illia dan A. Lawson-Body. 2011. Perceived Price Fairness of Dynamic

Pricing. Industrial Management and Data Systems. 111(4): 531-550.

Lovelock, C., J. Wirtz dan J. Mussry. 2011. Services Marketing: People, Technology and

Strategy. 7th Edition. Prentice Hall. New Jersey.

Lupiyoadim R. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Salemba Empat. Jakarta.

Malik, F., S. Yaqoob dan A. Aslam. 2012. The Impact of Price Perception, Service Quality

and Brand Image on Customer Loyalty: Study of Hospitality Industry in Pakistan.

Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business. 4(%): 487-505.

Mauludin, H. 2010. Marketing Reaserch: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan

Organisasi. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Pastikarani, D.A. dan S.R.T. Astuti. 2016. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Minat Beli

Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus pada

Pelanggan Hest’in Modiste di Jakarta. Diponegoro Journal of Management. 5(2):

-9.

Putra, G.P., Z. Arifin dan Sunarti. 2017. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan

Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen: Survei pada Mahasiswa

Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014

Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus. Jurnal

Administrasi Bisnis. 48(1): 124-131.

Resti, D. dan H. Soesanto. 2016. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Melalui

Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra di

Pati. Diponegoro Journal of Management. 5(1): 1-12.

Saidin, B. dan S. Arifin. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap

Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen

Sains Indonesia (JRMSI). 3 (1): 1-22.

Schiffman, L. G., dan L. L. Kanuk. 2005. Consumer Behavior. 7th Edition. Prentice Hall.

New Jersey. Alih Bahasa K. Zulkifli. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Indeks.

Jakarta.

Swastha, B. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan. BPFE. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi. Yogyakarta.

. 2011. Kualitas Jasa dan Kepuasan. Edisi Ketiga. Andi. Yogyakarta.

. dan G. Chandra. 2009. Pemasaran Strategik. Andi. Yogyakarta.

Xia, L., K.B. Monroe dan J.L. Cox. 2004. The Price s Unfair: A Conceptual Framework of

Price Fairness Perception. Journal of Marketing. 68(4): 1-15.

Published

2019-07-10