PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA MOTOR VESPA DI JAKARTA SELATAN

Authors

  • Palguno Achmad Pamungkas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional
  • Eddy Guridno Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.646

Keywords:

Citra merek, kualitas produk, gaya hidup, loyalitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk dan
gaya hidup terhadap loyalitas pengguna motor vespa di Jakarta Selatan. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan data primer dari penyebaran kuesioner kepada 100
responden yang dipilih berdasarkan metode accidental sampling. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan
software SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk
dan gaya hidup secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan motor vespa di Jakarta Selatan.

References

Aaker, D.A. 2011. Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of A Brand Name.

The Free Press. New York.

Anderson, D.R., D.J. Sweeney dan T.A. Williams. 2011. Statistics for Business and

Economics. Eleventh Edition. Cengage Learning. Boston.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia. 2017. http://www.aisi.or.id. 17 Oktober 2017

(13:25).

Hasan, A. 2008. Marketing. Media Pressindo. Yogyakarta.

Kotler, P. dan K.L. Keller. 2008. Marketing Management. 13th Edition. Prentice Hall. New

Jersey. Terjemahan B. Sabran. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga.

Jakarta.

. dan G. Armstrong. 2008. Principles of Marketing. 12th Edition. Prentice Hall.

New Jersey. Terjemahan D. Sihombing. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi

Erlangga. Jakarta.

Lestari, A. dan E. Yulianto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan

dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi

Bisnis. 54(1): 74-81.

Rizaldi, M.L. dan R. Hardini. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan

Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret

Kelurahan Padurenan Bekasi Timur. Jurnal Ilmu Manajemen: Oikonomia. 14(2):

-94.

Mowen, J.C. dan M.S. Minor. 2001. Consumer Behavior. Prentice Hall. New Jersey.

Terjemahan D.K. Yahya. 2008. Perilaku Konsumen. Erlangga. Jakarta.

Oliver, R.L. 1999. Whence Consumer Loyalty? Journal of Marketing. 63: 33-44.

Pangestu, S.D. dan S. Suryoko. 2016. Pengaruh Gaya Hidup dan Harga terhadap

Keputusan Pembelian: Studi Kasus pada Pelanggan Peacockoffie Semarang. Jurnal

Administrasi Bisnis. 5(1): 63-70.

Pardede, R.I. dan H. Hadi. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Merek dan Promosi terhadap

Loyalitas Pelanggan Rokok. Jurnal Manajerial. 9(1): 21-30.

Peter, J.P. dan J.C. Olson. 2010. Consumer Behavior and Marketing Strategy. 9th Edition.

McGraw-Hill. London. Terjemahan D.T. Dwiandani. 2013. Perilaku Konsumen

dan Strategi Pemasaran. Edisi 9. Salemba Empat. Jakarta.

Rangkuti, F. 2008. The Power of Brands. Gramedia. Jakarta.

Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan

Penelitian Pemasaran. Kencana. Jakarta.

Sondakh, C. 2014. Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan

Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan: Studi pada Nasabah Taplus BNI

Cabang Manado. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. 3(1): 19-32.

Sutisna. 2004. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda Karya. Bandung.

Tjiptono, F. dan G. Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Andi. Yogyakarta.

Tu, Y.T., M.L. Li dan H.C. Chih. 2013. An Empirical Study of Corporate Brand Image,

Customer Perceived Value and Satisfaction on Loyalty in Shoe Industry. Journal of

Economics and Behavioral Studies. 5(7): 469-483.

Widiana, I.W.P. dan T.G.R. Sukawati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek

terhadap Loyalitas Konsumen Pasta Gigi Pepsodent PT Unilever. E-Jurnal

Manajemen Unud. 5(4): 1942-1968.

Wijaya, D.N., Sunarti dan E. Pangestuti. 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi

terhadap Keutusan Pembelian: Survei pada Konsumen Starbucks, Kota Malang.

Jurnal Administrasi Bisnis. 55(2): 75-83.

Published

2024-04-25