PENYULUHAN TENTANG ANEMIA PADA IBU HAMIL DAN PEMBERIAN CEMILAN JODU DI KELURAHAN LAGOA JAKARTA UTARA

Anni Suciawati, Hilda Martina, Pratama Megawati

Abstract


Ibu hamil mendapat pelayanan oleh tenaga kesehatan di fasilitas pelayanankesehatan. Pelayanan ini dilakukan selama rentang usia kehamilan ibu yang jenis pelayanannya dikelompokkan sesuai usia kehamilan menjadi trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga. Pada daerah binaan di Kelurahan Lagoa terdapat data ibu hamil periode Januari-Oktober 2022 sebanyak 213 orang, terdapat ibu dengan anemia sebanyak 68 orang (27,2%). Tujuan: Mengdiagramkan rumusan masalah/ kebutuhan berdasarkan prioritas masalah yang berhubungan dengan KIA/KB, kesehatan Wanita sepanjang siklus kehidupannya bersama dengan masayarakat melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat. Sehingga dapat dilakukan intervensi langsung sesuai dengan masalah perioritas yang telah ditentukan di wilayah Kelurahan Lagoa Jakarta Utara. Metodologi: Data yang kelompok kami ambil adalah data skunder yang kami dpatkan dari Kelurahan Lagoa Jakarta Utara. Metode dalama penentuan prioritas masalah yang kelompok kami tentukan adalah menggunakan metode Hanlon. Sehingga kami menentukan masalah anemi pada ibu hamil adalah masalah utama yang terjadi di daerah Kelurahan Lagoa pada stase komunitasini. Hasil: Didapatkan presentase 27,2 % atau sebanyak 68 ibu hamil yang mengalami anemi antara periode Januari – Oktober 2022. Oleh karena itu kelompok melakukan intervensi berupa penyuluhan mengenai anemi pada ibu hamil yang diadakan pada hari rabu tanggal 30 november 2022 di aula Kelurahan Lagoa dan pemberian nutrisi puding Jodu ( Kacang Hijau dan Madu )yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin pada ibu hamil dengan anemi. Kesimpulan: Penyuluhan “Meningkatkan Pengetahuan Ibu Hamil tentang Anemia dengan pemberian Kacang Hijau dan Madu di Kelurahan Lagoa” dapat meningkatkan pengetahuan tentang gizi saat hamil dalam mencegah dan mengatasi anemia. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta penyuluhan kesehatan tentang Pemberian Puding Kacang Hijau danMadu dengan metode ceramah. Pemberdayaan bidan dan kader dalam pemantauan Hb diharapkan dapat terwujud dengan baik dengan adanya pemberian beberapa contoh cara pemberian makanan kacang hijau dan madu. Saran: Program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat ditindaklanjuti di tempat lain pada tahun berikutnya untuk menunjang inovasi komplementerdalam mencegah dan menangani anemia pada ibu hamil

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, “Profil Kesehatan Indonesia 2021,” p. 111, 2022.

F. ALihu, “Pengaruh Pemberian Tablet FE deengan Sari Kacang Hijau Terhadap Peningkatan HB pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja PUSKESMAS DUNGALIYO.”

S. Wulan and M. Vindralia, “Pengaruh Pemberian Jus Kacang Hijau dan Madu terhadap Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil,” JURNAL KEPERAWATAN DAN FISIOTERAPI (JKF), vol. 3, no. 2, pp. 146–152, Apr. 2021, doi: 10.35451/jkf.v3i2.610.

E. R. Ambarwat and Y. S. Rismintari, “Asuhan Kebidanan Komunitas.” [Online]. Available: http://www.unsystem.org/SCN/archives/scnnews11/ch07.

Wahyuni, “Komunitas Kebidanan: Referensi Mahasiswa Kebidanan.” [Online]. Available: http://www.unsystem.org/SCN/archives/scnnews11/ch07.

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nasional (JPKM), Volume 1 No 1 8

Suciawati et al.,

D. Symond, “Penentuan Prioritas Masalah Kesehatan Dan Prioritas Jenis

Intervensi Kegiatan Dalam Pelayanan Kesehatan di Suatu Wilayah,” 2013.

Helen. Varney, “Buku Ajar Asuhan Kebidanan”.

Z. A. Sartika Pulungan, E. Purnomo, J. Kebidanan, P. Kesehatan Kemenkes Mamuju,

and J. Keperawatan, “Peningkatan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil Anemia dengan

Kombinasi Pemberian Tablet Fe dan Madu Increased Hemoglobin Levels of

Pregnant Women Anemia with Combination of Tablets Fe and Honey,” Online, 2021.

[Online]. Available: http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK

D. Kurniasih, U. Yunie Atrie, D. Kurniawati, and P. Studi Keperawatan Sekolah

Tinggi Ilmu Kesehatan HangTuah Tanjungpinang, “Pengaruh Puding Kacang Hijay

terhadap Kadar Hemoglobin Ibu Hamil dengan Anemia”.

E. N. Akhiriyanti and H. Nisa, “Mengenal Terapi Komplementer Dalam Kebidanan

Pada Ibu Nifas, Ibu Menyusui, Bayi Dan Balita”.




DOI: http://dx.doi.org/10.47313/jpmn.v1i1.2389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Jl. Sawo Manila No.61, RT.14/RW.7, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520
Tlp. (021) 7806700 | Email: admin@unas.ac.id
Web: unas.ac.id

 Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional (JPMN) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License