Jurnal Sosial, Jurnal Humaniora, Jurnal Populis Jurnal Universitas Nasional

Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Sosial dan Humaniora?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Petunjuk Penulis

  1. Penulis yang akan submit naskah ke situs jurnal harus melakukan registrasi online secara mandiri pada menu “daftar” atau “register”. Jika mengalami kesulitan dapat menghubungi sekretariat redaksi 
  2. Setelah terdaftar, lakukan submit naskah hingga berhasil (dengan status penyerahan aktif atau active submissions). 
  3. Naskah ditulis sesuai dengan template penulisan naskah Populis Jurnal Sosial dan Humniora 
  4. Penulisan kutipan dan daftar pustaka naskah menggunakan aplikasi reference manager Mendeley.
  5. Penulis dilarang mengirimkan naskahnya ke penerbit jurnal lain sebelum ada konfirmasi dari editor atau sekretariat redaksi (maksimal 3 minggu sejak naskah diterima oleh editor). 
  6. Penulis harus menunggu keputusan editor (hasil screening naskah) dan hasil rekomendasi review naskah dalam waktu yang telah ditetapkan. 
  7. Penulis patuh dan tunduk pada rekomendasi hasil review naskah dan keputusan editor.

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah belum pernah dikirimkan dan diterbitkan di media publikasi lainnya baik cetak atau elektronik
  2. Naskah dibuat dalam format file dokumen Microsoft Word
  3. Daftar pustaka diupload dalam format yang sudah disediakan
  4. Naskah dibuat dengan format: jarak 1 spasi; font 10; huruf: times new romans; jika italic, maka tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); penomoran diletakkan di atas ilustrasi, figur, dan tabel. disertai dengan sumber gambar atau tabel Contoh: tabel/gambar 1. .....
  5. Naskah akan melalui proses blind review
  6. Semua naskah ditelaah oleh penyunting ahli (reviewers)/Mitra Bestari menurut bidang kepakarannya. Penulis melakukan revisi berdasarkan masukan dari penyunting ahli. Kepastian pemuataan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. KETIK JUDUL ARTIKEL ANDA (maksimal 15 kata)

     

    Penulis Pertama1*, Penulis Kedua2, Penulis Ketiga3, dst.

    1Afiliasi Penulis Pertama (Institusi/Universitas, dll.)

    2Afiliasi Penulis Kedua (Institusi/Universitas, dll.)

    3Afiliasi Penulis Ketiga (Institusi. Universitas, dll)

     

    (Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thn)

     

    *Korespondensi: email penulis pertama

     

    ABSTRAK

    Ketik abstrak bahasa Indonesia di sini. Isi abstract atau abstrak menggunakan fonta Times New Roman 10. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak bahasa indonesia maksimal 250 kata.


    ABSTRACT

    Ketik abstrak bahasa inggris di sini. Isi abstract atau abstrak menggunakan fonta Times New Roman 10. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak bahasa inggris maksimal 200 kata.

     


     

    Keywords: Keywords satu; Keywords dua; Keywords tiga; dst. (bahasa Inggris, minimal 3 keywords)

     

    PENDAHULUAN

    Isi pendahuluan adalah hal mendasar atau pokok permasalahan yang melatarbelakangi ditulisnya kajian, ditulis dengan fonta Times New Roman 11.

     

    TINJAUN PUSTAKA

    Isi tinjauan pustaka adalah uraian/landasan teori teori ilmiah yang berkaitan dengan topik/pokok bahasan kajian, ditulis fonta Times New Roman 11. Seluruh sumber teori yang dikutip dalam bab ini harus ada di dalam daftar rujukan/pustaka.

     

    METODE

    Isi metode kajian adalah teknik pengumpulan data, sumber data, cara analisis data, uji korelasi, dan sebagainya, ditulis dengan fonta Times New Roman 11. Dalam bab ini dapat juga dicantumkan rumus ilmiah yang digunakan dalam analisis data.

     

    HASIL DAN PEMBAHASAN

    Isi Hasil dan Pembahasan

    Isi hasil dan pembahasan ditulis dengan fonta Times New Roman 11. Hasil bukan merupakan data mentah, melainkan data yang sudah diolah/dianalisis dengan metode yang telah ditetapkan. Pembahasan adalah perbandingan hasil yang diperoleh dengan konsep/teori yang ada dalam tinjauan pustaka. Isi hasil dan pembahasan mencakup pernyataan, tabel, gambar, diagram, grafik, sketsa, dan sebagainya.

     

    SIMPULAN

    Isi simpulan ditulis Times New Roman 11. Simpulan merupakan ikhtisar dari penelitian yang telah dilakukan.

     

    UCAPAN TERIMAKASIH (jika ada)

    ucapan terimakasih bersifat optional (jika ada), ditulis satu paragraf dengan fonta Times New Roman 11.

     

    DAFTAR PUSTAKA

    Isi daftar pustaka ditulis dengan fonta Times New Roman 11. Daftar pustaka merupakan sumber acuan/rujukan yang dijadikan bahan kutipan penulisan naskah. Penulisan daftar pustaka menggunakan STYLE A.P.A (American Psychological Association). Jumlah sumber rujukan yang dijadikan daftar pustaka naskah minimal 10 judul literatur ilmiah.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Pemberitahuan Hak Cipta

  1. Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
  2. Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal BACA dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
  3. Setiap terbitan Populis Jurnal Sosial dan Humaniora, baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.

 

Pernyataan Privasi

Pernyataan Privasi

Penulis dan editor akan saling menjaga privasi satu sama lain guna menghindari segala
bentuk pelanggaran hak cipta, seperti duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.

Naskah artikel ini adalah asli karya penulis yang belum pernah dipublikasikan di jurnal (media) manapun. Dalam naskah artikel penulis harus mengutip (sitasi) tulisan yang dimuat dalam Populis Jurnal Sosial dan Humaniora. Jika terdapat duplikasi penerbitan, naskah akan dicabut/dihapus oleh dewan redaksi