Pengaruh Efektivitas Pengelolaan PNBP terhadap Kinerja Keuangan di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Tahun 2018-2020

Authors

  • Edi Sarwa Susila Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Eko Sugiyanto Program Studi Magister Administrasi Publik, Universitas Nasional
  • Kumba Digdowiseiso Program Studi Magister Administrasi Publik, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v6i2.1040

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas pengelolaan PNBP terhadap kinerja keuangan di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Instrumen pengumpulan informasi menggunakan kuesioner. Pada variabel bebas, efektivitas pengelolaan PNBP (X) dan variabel terikat, kinerja keuangan Badan Pembinaan dan Pembinaan Bahasa (Y), masing-masing terdiri dari 15 item pernyataan. Kedua pernyataan variabel tersebut valid karena nilai rhitung dan rtabelnya, serta kedua pernyataan variabel tersebut sangat reliabel karena mencapai 0, 860 dan 0,961. Pengaruh efektivitas pengelolaan PNBP terhadap kinerja keuangan dalam Pengembangan Bahasa dan Badan Pembina bersumber dari uji Korelasi Pearson menunjukkan nilai besar 0,249 (0,05), sehingga dapat dikatakan ada hubungan antara variabel efisiensi pengelolaan PNBP dengan variabel kinerja keuangan, dengan nilai koefisien sebesar 0,354 , dapat diketahui bahwa variabel efisiensi pengelolaan PNBP (X) berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan (Y) . Dengan subjek ke arah yang positif, jika terjadi peningkatan efektivitas pengelolaan PNBP sebesar 1 unit maka akan menyebabkan omset kinerja keuangan meningkat sebesar 0, 354. Terus baik, efektivitas pengelolaan PNBP terus meningkat. meningkatkan kinerja keuangan di Badan Pembinaan dan Pembinaan Bahasa. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,249 dan koefisien determinasi sebesar 0,062 mendekati koefisien korelasi maksimum (1.000), sehingga dapat diartikan bahwa derajat korelasi antara efektivitas pengelolaan PNBP dengan kinerja keuangan terletak pada tipe besar/ketat. Sedangkan energi determinasi/pengaruh variabel utilitas dalam pengelolaan PNBP terhadap kinerja keuangan adalah nyata atau signifikan.

Author Biography

Edi Sarwa Susila, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Fungsional

References

Adetya. (2014). Paper Penerimaan Negara.Program Diploma IV Akuntansi Kurikulum Khusus, STAN, Tangerang Selatan diakses pada tanggal 28 november 2014 dari http://www.academia.edu/7508148/

Paper_Penerimaan_Negara.

Angraini, Magfirah, Andi Mattulada Amir dan Nina Yusnita. (2018). Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak Suatu Tinjauan Evaluatif (Studi pada Satuan Kerja Kantor Pertanahan Kabupaten Parigi Moutong), Jurnal Katalogis, Vol. 6/5, Mei 2018, hlm 23-34.

Buku Pedoman Akuntansi dan Penyusunan Laporan Keuangan berdasarkan Sistem Akutansi Pemerintah (SAP) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun (2017). https://docplayerX.info/66699836-Pedoman-akuntansi-dan-penyusunan-laporan-keuangan-berdasarkan-sap-di-lingkungan-kemendikbud-kata-pengantar.html.

Buku Manajemen Kinerja Pengelolaan, Pengukuran dan Implementasi Kinerja, Prof. Lijan Poltak Sinambela, Dr. Sarton Sinambela, Cetakan ke 1, Januari (2019). Penerbit PT. Rajagrafindo Persada Depok.

Dinarjito, Agung. (2017). Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak: Study Kasus pada Kantor Pertanahan Wilayah BPN Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.Diaksesdarihttp:jurnal.pknstan.ac.id/index.php/JMKP/article/view/88/pdf.

Effendy. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hastuti. (2018). Analisis Penerimaan Negara Bukan Pajak melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 12 tahun 2014 pada Balai Taman Nasional Wakatobi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol.1/2, November 2018.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Edisi V 0.3.2 Beta (32) tahun 2016-2019, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmudi. (2016). Analisis Laporan keuangan Pemerintah Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Markus, Muda. (2005). Perpajakan Indonesia Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mohammad Mahsun. (2012). Pengukuran Kinerja Sektor Publik.Yogyakarta : BPFE.

Munawir,S. (2012). Analisis Informasi Keuangan, Liberty ,Yogyakarta.

Mulyadi, (2007). Sistem Akuntansi, Jakarta :Selemba Empat.

Mataris, Hilda, Kumba Digdowiseiso, Eko Sugiyanto. (2019). Analisis Kinerja Keuangan Daerah (Studi kasus Kabupaten Magelang).

Mathis, R.L. & J.H. Jackson. (2006). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Nursanti, Masdar Mas’ud, Nur Alam. (2019). Efektivitas dan Pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (Study Kasus pada Kantor Pertanahan Kota Makassar Tahun 2015–2018), Paradoks Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol. 2/4,Oktober2019.htXtps://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/299/205

Prawirosentono,Suyadi. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE,1999.

Peraturan Pemerintah nomor 58 tahun 2020 tentang Pengelolaan PNBP.

Poltak Lijan dan Sinambela Sarton. (2019). Manajemen Kinerja : Pengelolaan, Pengukuran, dan Implikasi Kinerja. Cetakan Kesatu. Depok: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA.

Peraturan Pemerintah nomor 82 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rivai dan Basri. (2005). Performance Appraisal: Sistem yang Tepat untuk menilai Kinerja Karyawan dan meningkatkan Daya saing Perusahaan. Rajagrafindo Persada .Jakarta.

Robbins, Stephen P. (1994). Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi, Alih Bahasa Jusuf Udaya. Jakarta : Arcan.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Salim. Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung : CiptaPustaka.

Srimindarti, C. (2006). Balanced Scorecard Sebagai Alternatif untuk Mengukur Kinerja, STIE Stikubank, Semarang.Yogyakarta.

Steers, Richard M. (1977). Efektivitas Organisasi. Seri Manajemen No. 47, Jakarta : Erlangga.

Sucipto. (2003). "Penilaian Kinerja Keuangan." Jurnal Akuntansi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Sundajaja, Ridwan S dan Inge Barlian. (2003). Manajemen Keuangan. Edisi Keempat. Buku Satu. Literata Lintas Media. Jakarta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suryani & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Sasmito, Anton Wahidin Widjaja. (2018). Analisis Pengaruh Penerimaan Kekayaan Intelektual, Administrasi Hukum Umum dan Keimigrasian Terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Kementerian Hukum dan Ham RI, Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, Vol. 1/2, November 2018.

Undang-undang nomor 9 tahun 2018 tentang Penerimaan Negara Bukan pajak.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles