Potensi Wisata Kuliner dan Motivasi Wisatawan di Kota Depok Jawa Barat Tahun 2019

Authors

  • Ardi Mularsari Prodi Pariwisata Fakultas Ekonomi Universitas Nasional.

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v7i1.1632

Keywords:

wisatawan, kuliner, motivasi, hanya pendapatan daerah, pariwisata

Abstract

The development of culinary tourism in the city of Depok, West Java Province needs to be appreciated. The Central Statistics Agency (BPS) noted that in 2012 Depok City's economic growth reached 7.1%. This figure far exceeds economic growth in West Java at 6.2%. Individual service businesses in Depok have also contributed to the economic growth rate of around 10.56 percent. Services that support the economy of Depok include laundry services, motorbike services, salons and private tutors. These businesses are in the midst of community settlements, especially culinary efforts. The study of culinary tourism potential  in the city of Depok, West Java Province is expected to be a contribution of constructive thoughts and input on the development of culinary tourism as one of the mainstay tourism of Depok city.

 

Perkembangan wisata kuliner di kota Depok, Propinsi Jawa Barat perlu diapresiasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada 2012 pertumbuhan perekonomian Kota Depok mencapai 7,1%. Angka tersebut jauh melebihi pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat sebesar 6,2%. Usaha jasa perorangan di Depok turut mendorong laju pertumbuhan ekonomi sekitar 10,56 persen. Layanan jasa yang menyokong perekonomian Depok antara lain dari jasa pencucian baju (laundry), servis motor, salon dan guru privat. Usaha-usaha itu berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat, khususnya usaha kuliner. Studi potensi wisata kuliner  wisatawan  di kota Depok Provinsi Jawa barat diharapkan akan menjadi sumbangan pemikiran dan masukan konstruktif pada perkembangan wisata kuliner sebagai salah satu wisata andalan kota Depok.  

 

References

Alam ASN. (2009). Kajian Sumberdaya Setu Babakan untuk Pengelolaan dan

Pengembangan Ekowisata DKI Jakarta [skripsi]. Bogor (ID): Institut

Pertanian Bogor.

Supomo, Bambang dan Nur Indriantoro. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan. Kedua, Yogyakara; Penerbit BFEE UGM. Gandang, 2003.

[BPS] Badan Pusat Statistik (ID). (2016). Data Upah Minimum Regional/Provinsi

(UMR/UMP) dan rata-rata Nasional per tahun (Dalam Rupiah) Tahun

-2016. [Internet]. [diunduh 01 September 2017]. Tersedia pada:

https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/917.

Badan Pusat Statistik. (2017). Jenjang Pendidikan yang Ditamatkan. Diunduh: 01 September 2017, tersedia di https://www.bps.go.id /subject/28/ pendidikan. html.

Fajriyah N. (2014). Revitalisasi Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan,

Srengseng Sawah, Jakarta Selatan [skripsi]. [internet]. [diunduh 01

Oktober 2017]. Tersedia pada: http://repository.ipb.ac.id/

jspui/bitstream/123456789/68490/1/A14nfa.pdf

Resort dan Leisure. [Internet]. [dunduh: 25 April 2017]; Vol. 12 No. 2:

-27. Tersedia pada: http://ejournal.upi.edu/index.php/jurel/article/view/

Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 92 Tahun 2000 tentang

Penataan Lingkungan Perkampungan Budaya Betawi. [Internet]. [diunduh:

September 2017]. Tersedia pada http://jdih.jakarta.go.id/uploads/

default/produkhukum/4bdc12cf30625014c49b5189a75e5695.pdf.

Kirom NR, Sudarmiatin, Putra IWJ. (2016). Faktor-Faktor Penentu Daya Tarik

Wisata Budaya dan Pegaruhnya terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal

Pendidikan [Internet]. [diunduh: 25 Maret 2017]; Vol. 1; No. 3: Hal 536-

Tersedia pada: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/

Kotler P. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Kotler P dan Armstrong G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta (ID): Erlangga.

Manafe JD, Setyorini T, Alang YA. (2016). Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi

Promosi Objek Wisata Alam, Seni dan Budaya (Studi Kasus Pulau Rote

NTT). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam [Internet]. [diunduh 28 Mei

; Vol. 4 No. 1: 101-123. Tersedia pada: http://journal.stainkudus

.ac.id/index.php/Bisnis/article/view/1687.

Nasution. (1996). Metode Penelitian Kulaitatis Maturalistik, Jakarta : Sinar Grafika

Purnomo H. (2011). Pengaruh Faktor Individual Wisatawan dan Kinerja Bauran

Pemasaran terhadap Nilai Jasa Pariwisata Alam. Jurnal Manajemen Hutan

Tropika [Internet]. [diunduh: 28 Mei 2017]; Vol. 17 No. 1: 10-16.

Tersedia pada: http://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jmht/a

Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok © 2015

Dikelola oleh : Dinas Kominfo Kota Depok ~ Jl. Margonda Raya No. 54.

Gedung Dibaleka 2 Depok Lt. 7 ~ Phone : 08111232222

UNWTO Tourism Highlights, 2010 Edition Published: 2010 eISBN: 978-92-844-1372-0

Downloads

Published

2022-05-30

Issue

Section

Articles