PROBLEMATIKA DAN PROSPEK MPR: DULU, KINI, DAN NANTI

Authors

  • Efriza Efriza Ilmu Politik STIP-AN

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v2i2.344

Abstract

Tulisan ini membahas problematika dan prospek MPR berdasarkan konsep dan praktiknya, dari hasil penelitian ini menghasilkan wacana untuk menjadi rekomendasi memperbaharui tipe parlemen Indonesia dari keragaman parlemen (MPR/DPR/DPD) sehingga menjadi jelas pilihannya antara unikameral atau bikameral. Penulisan ini mengaplikasikan kategorisasi konsep lembaga perwakilan dalam sistem presidensial menurut Jimly Asshiddiqie, serta format lembaga perwakilan dan kriteria untuk menentukan Kamar dalam Parlemen menurut Fatmawati. Sehingga, dapat dipahami konsep dan implikasi dari diterapkannya lembaga MPR.

References

A. BUKU

Asshiddiqie, Jimly, 1994, Gagasan Kedaulatan Rakyat Dalam Konstitusi dan Pelaksanaannya di Indonesia, Jakarta, Ichtiar Baru van Hoeve.

-------, 2014, Konstitusi dan Konstitusionalisme Indonesia, Jakarta, Sinar Grafika.

Efriza, dan Rozi, Syafuan, 2010, Parlemen Indonesia Geliat Volksraad Hingga DPD: Menembus Lorong Waktu Doeloe, Kini, dan Nanti, Alfabeta, Bandung.

Fatmawati, 2010, Struktur Dan Fungsi Legislasi Parlemen Dengan Sistem Multikameral Studi Perbandingan antara Indonesia dan Berbagai Negara, Jakarta, UI-Press.

Formappi, 2005, Lembaga Perwakilan Rakyat Di Indonesia Studi Dan Analisis Setelah Perubahan UUD 1945 (Kritik, Masalah, dan Solusi), Formappi, Jakarta.

Heywood, Andrew, 2013, Politik Edisi Keempat, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Huda, Ni’matul, 2005, Hukum Tata Negara Indonesia, Jakarta, Rajawali Pers.

Isra, Saldi, 2014, 10 Tahun Bersama SBY: Catatan dan Refleksi Dua Periode Kepemimpinan, Jakarta, Kompas.

Maksudi, Beddy Iriawan, 2013, Sistem Politik Indonesia Pemahaman Secara Teoritik dan Empirik, Jakarta, RajaGrafindo Persada.

Nurdin, Nurliah, 2012, Komparasi Sistem Presidensial Indonesia dan Amerika Serikat Rivalitas Kekuasaan Antara Presiden dan Legislatif (2004-2009), MIPI, Jakarta.

B. WAWANCARA

I Made Leo Wiratma, ahli hukum tata negara dan peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), tanggal 21 Desember 2015, Jakarta.

Maswadi Rauf, Ketua Tim Ahli Bidang Politik PAH I BP MPR 1999-2002, dan Dosen Ilmu Politik di Universitas Nasional (Unas), 19 Desember 2015, Jakarta.

TA Legowo, pakar politik dan parlemen dan peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), tanggal 20 Agustus 2015, Jakarta.

C. TESIS, DOKUMEN, ARTIKEL JURNAL, MAKALAH SEMINAR, DAN SUMBER ONLINE

Djadijono, M., DPD Disimpang Jalang: Kuatkan Atau Bubarkan, makalah disampaikan Focus Group Discussion (FGD) di Studio METROTV 10 Maret 2016 dengan tema: DPD Kuat, Indonesia Mantap: Menyemai Substansi Tanpa Sensasi.

Kusuma, R.M.A.B, Profil Founding Fathers dan Kaitannya dengan Sistem Pemerintahan Indonesia, dalam Jurnal Konstitusi, Vol. 2, No. 1, Juli 2005.

Rauf, Maswadi, Pendekatan-pendekatan dalam Ilmu Politik sebuah Studi Penjajagan, dalam Ilmu dan Budaya, No. 7/April 1991, Tahun XIII.

Rohaniah, Yoyoh dan Efriza, 2016, Handbook of Sistem Politik Indonesia Menjelajahi Teori dan Praktik, Malang, Intrans Publishing.

Leo Wiratma, I Made, Gagasan Supremasi Parlemen Dalam Konstitusi Indonesia, Tesis Magister Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Jakarta, 2004.

-------, Purifikasi Sistem Presidensiil, dalam Indra J. Piliang dan T.A. Legowo, ed., 2006, Desain Baru Sistem Politik Indonesia, CSIS, Jakarta

Published

2017-12-31

Issue

Section

Articles