UPAYA MENINGKATKAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN APLIKASI BALANCE SCORECARD PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAKARTA

Authors

  • Rebin Sumardi Program Studi Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nasional
  • Suryono Efendi Program Studi Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v4i2.681

Keywords:

kinerja organisasi, balanced scorecard, perspektif keuangan, konsumen, proses internal, pertumbuhan

Abstract

Setiap Perusahaan dalam era globalisasi saat ini, sangat dituntut untuk dapat menunjukan kinerja yang optimal dan unggul agar dapat bersaing di dunia internasional, bukan hanya global. Kinerja Perusahaan dapat berhasil dengan baik manakala didukung dengan sumber daya yang mampu menghasilkan dan mewujudkan visi misi organisasinya. Organisasi yang didukung dengan SDM yang tangguh dan kompeten dan memiliki komitmen yang tinggi pasti dapat menghasilkan kinerja yang optimal. Perguruan Tinggi sebagai organisasi yang bergerak di jasa pendidikan juga dituntut dapat menunjukan kemampuan dalam meleyani konsumen dengan optimal melalui proses yang terencana dan sistematis, sehingga memiliki kinerja yang baik demi melayani jasa pendidikan dengan penyelengaraan tridharma perguruan tinggi yang baik. Kinerja organisasi di Perguruan tinggi dapat diukur melelui pendekatan Balanced Scorcard dari Kaplan, dimana pendekatan pengukuran ini meliputi (1). perspektif keuangan, (2). Perspektif konsumen, (3). Perspektif bisnis internal, (4). dan perspekif pembelajaran dan pertumbuhan. Melalui pendekatan ini kinerja Organisasi Universitas Nasional dapat diukur dengan temuan bahwa melalui pendekatan secara financial, konsumen, dan bisnis internal dapat menunjukan kinerja baik, namun pengukuran pendekatan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menujukkan kinerja yang kurang baik. Dari hasil pengukuran kinerja Universitas Nasional, secara umum kinerja Organisasi menunjukkan keberhasilan, namun pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan masih perlu diupayakan dengan berbagai terobosan strategis, agar berhasil dengan baik di kemudian hari

References

Armstrong, M. and Baron, A. (1998). Performance Management. London: Institute of Personnel and Developmen.

Bernardin, H.J and Russel, J.E.A. (2000). Human Resource Managemen. Singapore: McGraw-Hill.

Briscoe, D and Claus, L. (2008). Employee Performance Management: Policies and Practices in Multinasional Enterprises, in Varma et al(eds) Performance Managemen Systems: A Global Perspective. London: Routledge.

Colquitt, Jason A. Le Pine, Jeffrery A.Wesson, Michael J. (2011). Organizational Improving and Commitment in the Workplace. New York; The Mcgraw-Hill Companies, Inc.

Data Laporan Laba/Rugi Unas 2015 /2016.

De Nisi, A.S. (2000). Performance Appraisal and Performance Management: A multilevel analysis. In K.K. Klein & S. Kozlowski (Eds), Multilevel Theory research and method in organizations. San Francisco: Jossey-Bass.

Hasil Kinerja Universitas Nasional, 2016.

Mulyadi. (2005). Balanced Scorecard. Jogjakarta: Salemba Empat.

Norton, David P., Kaplan, Robert S. (1996). The Balanced Scorecard: Translating Strategy Into Action. HBS Press.

Tunggal, Amin Wijaya. (2002). Internal Auditing (Suatu Pengantar). Jakarta: Harvarindo.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja, Edisi Keempat. Akarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2021-03-14

Issue

Section

Articles