Implementsai Manajemen Keuangan Publik Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pondok Kelapa dan Duren Sawit

Authors

  • Febrian Caesar Ramadhan Universitas Nasional
  • Kumba Digdowiseiso Program Magister Ilmu Administrasi Publik, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v6i2.940

Keywords:

pemberdayaan, kebijakan keuangan publik, evaluasi, wirausaha, koperasi, manajemen keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika implementasi dan dampak dari program Koperasi Jasa Keuangan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan (KJK PEMK). Program KJK PEMK merupakan salah satu wujud implementasi kebijakan keuangan publik dalam bentuk program pemberdayaan masyarakat. Program ini adalah bagian dari manajemen keuangan daerah yang secara khusus bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup pemanfaat program serta masyarakat sekitar secara umum. Penelitian empiris ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Studi kasus dalam penelitian dilakukan pada Kelurahan Pondok Kelapa dan Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur sebagai salah satu pelaksana program KJK PEMK. Penelitian ini terdiri dari tiga orang informan kunci yang terdiri dari satu orang pengurus dan pelaksana program KJK PEMK dan dua orang pemanfaat program dari masing-masing kelurahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan keuangan publik melalui program KJK PEMK di Kelurahan Pondok Kelapa dan Kelurahan Duren Sawit tidak berjalan maksimal. Tidak terlaksananya kegiatan pemberdayaan, monitoring dan evaluasi serta tidak ada sistem reward and punishment bagi para pemanfaat program. Keadaan ini diperburuk dengan nihilnya partisipasi warga dalam perumusan program serta rendahnya modal sosial pemanfaat menyebabkan kegiatan hanya sekedar memberikan pinjaman modal tanpa ada kapasitas mengelola usaha. Kondisi ini lebih jauh membuat tujuan program tidak sepenuhnya tercapai dan kemudian berimplikasi pada piutang tertunggak hingga kredit macet. Koperasi Jasa Keuangan kemudian tidak mampu untuk mengembalikan dana bergulir yang diberikan oleh pemerintah. Kondisi ini mengharuskan program untuk diberhentikan dan dinyatakan tidak berhasil.

References

Allen, R., Schiavo-Campo, S., & Garrity, T.C. (2004). Assessing and Reforming Public Financial Management: A New Approach.

Washington, WA: The World Bank.

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Daerah Provinsi DKI Jakarta 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Barrett, C.B. (2007). The Social Economics of Poverty: On Identities, Communities, Groups and Network. New York, NY: Routledge.

Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Ekonomi (Edisi Revisi). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Digdowiseiso, K. (2015). Sistem Keuangan Publik. Jakarta: Lembaga Penerbit Universitas Nasional.

Digdowiseiso, Kumba & Sugiyanto, E. & Djumadin, Z.. (2018). Implementation of irrigation policy in the decentralized government: A case study of west Java, Indonesia. Journal of Environmental Management and Tourism. DOI: 9. 411-422. 10.14505/jemt.v9.3(27).02.

Falk,G., Mitchell, A., Lynch, K.E., McCarty, M., Morton, W.R., & Crandall-Hollick, M.L. (2015). Need-Tested Benefits: Estimated Eligibility and Benefit Receipt by Families and Individuals. USA: CRC Press.

Frank, H.A. (2006). Public Financial Management. Boca Raton, FL: CRC Press.

Johnson, K.A. (2006). Public Finance Policy Strategies to Increase Access to Preconception Care. Maternal and Child Health Journal, 10, 85-91. doi: 10.1007/s10995-006-0125-8.

Kornblum, W., & Julian, J. (2012). Social Problems (Fourteenth Edition). New York, NY: Pearson.

Lanahan, L. (2016). Multilevel public funding for small business innovation: a review of US State SBIR Match Programs. Journal Technology and Transfer, 41, 220-249. https://doi.org/10.1007/s10961-015-9407-x.

Neuman, W.L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. New York, NY: Pearson.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (2010). PPMK Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan. Jakarta: PT Mirah Sakethi.

Rosen, H.S., & Gayer., T. (2008). Public Finance. New York, NY: McGrawHill.

Sugiyanto, E. & Djumadin, Z. & Digdowiseiso, Kumba. (2018). Irrigation planning in the era of local autonomy: An analysis of existing and alternative model. Journal of Advanced Research in

Law and Economics. DOI: 9. 692-704. 10.14505/jarle.v92(32).31.

Wahab, S.A. (2016). Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles