Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Tarif Pajak dan Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Kec. Pasar Minggu Jakarta Selatan)

Authors

  • Dipa Teruna Awaloedin Program Studi Akuntansi, Universitas Nasional
  • Erwin Indriyanto Program Studi Akuntansi, Universitas Nasional
  • Leli Meldiyani Program Studi Akuntansi Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/pjsh.v5i2.950

Keywords:

kesadaran wajib pajak, tarif paja, pelayanan fiskus, wajib pajak, kendaraan bermotor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, tarif pajak dan pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor studi Samsat Jakarta Selatan Kecamatan Pasar Minggu. Data penelitian ini menggunakan data primer. Populasi penelitian ini adalah Wajib Pajak Kendaraan Bermotor yang terdaftar di Samsat Jakarta Selatan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil Penelitian, Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Hal tersebut dibuktikan dengan 2,134 > 1,985 dan dengan tingkat signifikansi 0,035 < 0,05. Tarif Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Hal tersebut dibuktikan dengan 2,639 > 1,985 dan dengan tingkat signifikansi 0,010 < 0,05. Pelayanan Fiskus berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Hal tersebut dibuktikan dengan 3,328 > 1,985 dan dengan tingkat signifikansi 0,001< 0,05,  uji parsial (uji t) variabel yang dominan mempengaruhi kepatuhan wajib pajak orang pribadi adalah pengetahuan wajib pajak dengan nilai signifikansi sebesar 0.024.

References

Abdul Halim, Icuk Rangga Bawono dan Amin Rara. (2014). Perpajakan, Jakarta: Salemba Empat.

Abut, Hilarius. (2010). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Diadit Media

Alviansyah, Tripalira. (2011). Pengaruh Sanksi, Pelayanan, Tingkat Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Penyampaian SPT Pada Masa Wajib Pajak Orang Pribadi: Studi Kasus KPP Malang Utara. Sarjana Thesis, Universitas Brawijaya.

Anggraini, Romandana. (2012). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Persepsi Tentang Petugas Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Surabaya: STIE Perbanas Surabaya.

Apriliyana, Putri. (2017). Pengaruh Tarif Pajak, Kesadaran Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Studi Pada WPOP Samsat Kota Surakarta. Surakarta: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Arum, Harjanti Puspa and Zulaikha. (2012). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pratama Cilacap. Undergraduate Thesis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Christina dan Kepramareni. (2012). ”Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Pada Kendaraan Bermotor (PKB) di Kantor Bersama SAMSAT Denpasar”. Jurnal Riset Akuntansi Vol.2, No. 2. Halaman 137- 155.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS 23, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Haryo, Setyaki Krissudarto. (2003). Pengaruh Perubahan Tarif Pajak Penghasilan Perorangan Pada Undang-Undang No.17 Tahun 2000 dibandingkan dengan Undang-Undang No. 7 Tahun 1983 dalam Kaitan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Untuk Membayar Pajak di Kota Banjarmasin. Universitas Diponegoro. Thesis.

Irianingsih, Eka. (2015). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Administrasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi di Kantor Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Sleman),Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta.

Kemala, Winda. Kennedy -, Rusli. (2015). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sikap Wajib Pajak dan Reformasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Online Mahasiswa, Fakultas Ekonomi. Volume. 2 No.2.

Mardiasmo. (2011). Perpajakan Indonesia, Yogyakarta: Edisi Revisi, Andi

Miyanah. (2019). Analisis Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Jakarta Selatan Tahun 2016-2018), Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional

Muliari, Ni Ketut. Setiawan, Putu Eri. (2011). Pengaruh Persepsi sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Volume 6 No.1.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Sartika dan Rini. (2010) “Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kinerja Pelayanan Pajak dan Ketegasan Sanksi Perpajakan Terhadap Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan. Akuntabilitas. Volume. 3 No. 1.

Sri, Valentina S. dan Aji, Suryo. (2003). Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Sugiarto, dkk. (2002). Ekonomi Mikro Sebuah Kajian Komprehensif. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2013) “Metode Penelitian Bisnis”. Bandung: CV.Alfabeta.

Susilawati, Ketut Evi dan Ketut Budhiartha. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib pajak Kendaraan Bermotor, Bali: Fakultas Ekonomi Akuntansi Universitas Udayana (UNUD).

Yanti, Widia Dwi Ratna. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak dan Kondisi Keuangan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama SAMSAT Mojokerto). Jurnal Akuntasi AKUNESA. Volume. 6 No.2.

Downloads

Published

2021-03-22

Issue

Section

Articles