TELAAH WACANA IKLAN PENJUALAN RUMAH DALAM MEDIA MASSA CETAK

Authors

  • Hari - Sulastri Badan Bahasa

DOI:

https://doi.org/10.47313/pujangga.v3i1.326

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini membahas tentang iklan penjualan rumah di Koran Pos Kota. Selain itu, tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah  bahwa iklan penjualan rumah dapat dipandang sebagai sebuah wacana. Iklan juga merupaka salah satu saran yang digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang memerlukannya. Iklan juga merupakan media yang menghubungkan antara pembaca dan pembuat iklan. Dalam menjalankan fungsinya iklan mempunyai caranya sendiri baik dari segi bahasa maupun strukturnya. Iklan penjualan rumah ini merupakan iklan kecil yang menarik untuk ditelaah karena memiliki kekhasan dalam penyampaiannya. Hal itulah yang melatari penulisan makalah ini. Wacana iklan kecil ini hanya terdiri dari beberapa baris. Oleh karena itu, ditulis dengan banyak menggunakan singkatan dan bahasanya juga  sangat ringkas. Untuk menelaah wacana iklan kecil ini, digunakan pendekatan struktural. Berdasarkan analisis dalam pembahasan iklan kecil ini terdapat tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian isi, dan bagian penutup. Struktur kalimat yang digunakan juga memiliki berbagai bentuk, namun pada umumnya ditulis dengan menggunakan kalimat inversi dengan kosakata verba pasif. Penulisan singkatan dan akronim terbagi dalam beberapa kelompok, namun pada umumnya tidak seturut kaidah.   
 
Kata Kunci: telaah, wacana, iklan kecil struktur, dan pemakaian bahasa
 
Abstract  
This paper discusses about the advertisement of home sales in Koran Pos Kota. In addition, this paper aims to describe and analyze that home sales advertising could be seen as a discourse. Advertising is also one of the means used to provide information to people who need it. Advertising is also a media that connects readers and ad builders. In performing its function ads have their own way both in terms of language and structure. This home sale ad is a small ad that is interesting to explore because it has a specificity in the delivery. That's what's behind the writing of this paper. This home sale ad is a small ad that is interesting to explore because it has a specificity in the delivery. This small ad discourse consists of only a few lines. Therefore, it is written with many uses of abbreviations and the language is also very succinct. To analyze the discourse of this small ad, a structural approach is used. Based on the analysis in the discussion of this small ad there are three parts, namely the beginning, the contents, and the cover. In the discussion of this small ad there are three parts, namely the beginning, the contents, and the cover. The sentence structure used also has various forms, but is generally written using the inversion sentence with passive verb vocabulary. The abbreviations and acronyms are divided into several groups, but generally not in accordance with the rules.


Key words: study, discourse, small advertising structure, and language usage
 

References

Arifin, E. Zaenal, Zulkarnain, Jumariam. 1992, Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan

Papan Reklame. Jakarta; Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kemendikbud. 2016. Ejaan Bahasa Indonesia.

Jakarta: Badan Pembinaan dan Pengemabangan Bahasa. Baryadi, I Praptomo. 2002. Dasar-Dasar Analisis Wacana dalam Ilmu Bahasa. Yogyakarta:

Pustaka Gondho Suli. Indiastini , Titik. 2016. “Wacana Iklan Lowongan Pekerjaan Di Harian Kedaulartan Rakyat”.

Prosiding Seminar Hasil Penelitian Kebahasaan dan Kesastraan. . Yogyakarta: CV. Azzagrafika

Jones, Russell. Editor. 2008. Loan-Words in Indonesian and Malay. Jakarta: Yayasan Obor. Pos Kota. 2016. “Rumah dijual”. Dalam Koran Pos Kota terbit tanggal 17 September, 2016 .

Jakarta: Pos Kota .Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana

Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Tim Penyususun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat . Cetakan Ketujuh. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama..

Wijana, Dewa Putu 1996. Dasar-Dasar Pragmatik, Yogyakarta: Andi. Yunus, Abd. Rahman. 2016. “Adaptasi Kosakata Tertentu Serapan Bahasa Arab dalam Bahasa

Indonesia”. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Kebahasaan dan Kesastraan. . Yogyakarta: CV. Azzagrafika.

.

Downloads

Published

2017-12-06