TANTANGAN DI ERA 4.0 PADA PENYAJIAN PROGRAM TELEVISI TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Eka Septiani

DOI:

https://doi.org/10.47313/pujangga.v5i1.728

Abstract

ABSTRAK
Media televisi merupakan satu di antara tantangan yang saat ini kita hadapi di era 4.0. Tantangan yang kita hadapi melalui media televisi antara lain adalah bagaimana kita dapat memilih program tayangan televisi yang mendidik terutama yang masih mengedepankan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penyajiannya. Ironisnya, sebagian besar program televisi yang disajikan tidak lagi mengindahkan bahasa Indonesia yang baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana remaja dalam hal ini adalah mahasiswa dapat memandang dan memilih program televisi yang mereka tonton setiap harinya. Berdasar pada tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif melalui kuisioner. Sampel yang dipilih diambil sebanyak 30 mahasiswa secara acak. Hasil analisis didapatkan data bahwa program televisi saat ini merupakan tantangan di era 4.0 dan sangat berpengaruh terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baku di kalangan remaja. Program televisi saat ini banyak yang belum mendidik lagi terutama dalam segi bahasa dalam penayangannya sehingga hal ini menjadi sebuah tantangan bagi para remaja agar mereka mampu menjaga penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Kata kunci: program televisi, tantangan era 4.0, pergeseran bahasa Indonesia
ABSTRACT
Television media is one of the challenges we are currently facing in era 4.0. The challenge that we face through television media are, among other things,how we can choose educational television programs, especially those that still prioritize the use of Indonesian language that is good and correct in its presentation. Ironically, most television programs presented no longer heed the standard Indonesian language. This study aims to find out how teenagers in this case are students can view and choose television programs that they watch every day. Based on these objectives, researchers used descriptive analysis methods through questionnaires. The selected sample was taken as many as 30 student randomly. From the result of the analysts, the data shows that television programs are currently very influential in facing challenge in era 4.0 againts the standard use of Indonesian among teenagers. Today‟s television programs are lacking especially in terms of language in the screening so that it becomes a challenge for teenagers so that they are able to maintain the use of goog and correct Indonesian.
Keywords: television programs, the challenge of era 4.0, Indonesian language shift

References

Badjuri, Adi.2010.Jurnalistik Televisi.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hecklau, F,Galeiizke,M,Flach,S,&Kohl,H. 2016. Holistic approach for human resource management in industry 4.0.ProcediaCIRP.54,1-6. http://doi.org/10.1016/j.procir.2016.05.102. (Diakses tanggal 17 Mei 2019).

Lukman.2000. Pemertahanan Bahasa Warga Transmigran Jawa di Wonomulyo Polmas. Disertasi. Pascasarjana Unhas.Makassar.

Prawirohardjo, Sarwono. 2010.Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan, Maternal dan Neonatal.Jakarta: PT Bina Pustaka.

Rabeh Moriar, Husam Arman, and Saeed Mousa, 2017. ―The Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0): A Social Innovation Perspective‖, Technology Innovation Perspective, hlm.1--10.(Diakses tanggal 20 Mei 2019).

Schawab, K. 2007.The Fourth Industry Revolution.Crown Business Press.

Sugiono.2008.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Umi, Narimawati. 2008.Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Empat.

Yusuf, Syamsu. 2011.Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zoebazary, Ilham. 2010. Kamus Istilah Televisi dan Film. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2020-01-11