INTERJEKSI CLICKBAIT HEADLINE PADA YOUTUBE “MALAM MALAM NET”: SEBUAH KAJIAN SEMANTIK

Authors

  • Zhafran Fatih Ananda Universitas Sumatera Utara, Medan
  • Mulyadi Mulyadi Universitas Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.47313/pujangga.v6i1.853

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bentuk dan makna interjeksi yang terdapat pada akun youtube “malam malam net”, serta melihat bagaimana clickbait headline digunakan pada akun youtube yang saat ini sering terjadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan secara tepat jenis-jenis interjeksi, penggunaan interjeksi, serta penggunaan clickbait headline yang digunakan. Bentuk interjeksi yang digunakan yakni : hey, balik aing, sst, wah, eh, kok, lah, ampun dah, yaelah, ah elah, aduh, dah, loh, aduh biyung, wow, waduh, hah, yaa, duh, oh, wih, hmm, mah, deh, nih, sih. Hasil penelitian ini adalah ditemukan adanya kelompok makna interjeksi yaitu interjeksi yang menyatakan peringatan, interjeksi ekspresi keheranan, interjeksi ekspresi kekhawatiran, interjeksi ekspresi terkejut, interjeksi menunjukkan kepasrahan, interjeksi menunjukkan baru mengetahui sesuatu, interjeksi ekspresi memikirkan sesuatu, dan interjeksi ekspresi menegaskan suatu keadaan atau perilaku. Kata Kunci : Interjeksi, Clickbait Headline, Malam Malam Net ABSTRACT This study aims to reveal the form and meaning of the interjection contained in the YouTube account "Malam Malam Net", and see how clickbait headlines are used on YouTube accounts that currently often occur. This research used descriptive qualitative research methods. The method aims to describe precisely the types of interjection, the use of interjection, and the use of the clickbait headline used. The form of interjections used are: hey, balik aing, sst, wah, eh, kok, lah, ampun dah, yaelah, ah elah, aduh, dah, loh, aduh biyung, wow, waduh, hah, yaa, duh, oh, wih, hmm, mah, deh, nih, sih. Through this study, it is found that there is a group of interjection meanings namely interjection which states warning, interjection of expression of wonder, interjection of expression of concern, interjection of expression of surprise, interjection shows resignation, interjection shows new knowledge, interjection of expression of thought of something, and interjection expression of affection expresses a state situation or behavior. Keywords : Interjection, Clickbait Headline, Malam Malam Net

References

Alwi, Hasan, et. al. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi ke-3. Jakarta: Balai

Pustaka.

Diana, dan Nusarini. 2018. Interjeksi dalam Fiksi Berbahasa Indonesia. Caraka, 4(2).

Djajasudarma, T. Fatimah. 2006. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian.

Bandung: PT Refika Aditama.

Istiqomah, Dina S., Istiqomah, Dini S., dan Nugraha, Via. 2018. Analisis Penggunaan Bahasa

Prokem dalam Media Sosial. Parole, 1(5).

Kertanegara, Rizky. 2018. Penggunaan Clickbait Headline pada Situs Berita dan Gaya Hidup

Muslim dream.co.id. Mediator, 11 : 31-43.

Kridalaksana, Harimurti. 2015. Introduction to Word Formation and Word Classes in

Indonesian. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Lexy. J. Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

M. Shalika, dan M. Mulyadi. 2019. Cognitive Interjection in Indonesian and Japanese.

Humanika, 26(1) : 32-39.

Sudaryanto. 2018. Metode dan aneka teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma

University Press.

Widiatmoko, dan Waslam. 2017. Interjeksi dalam Bahasa Indonesia: Analisis Pragmatik.

Pujangga, 3(1).

Downloads

Published

2020-07-01