Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Sosiologika: Jurnal Sosiologi Pembangunan Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Umum  

Naskah ditulis dalam format Word atau RTF. Jurnal Sejarah menyarankan agar penulis terlebih dahulu mendaftarkan diri dan mengisi informasi lengkap dalam format yang telah disediakan dan mengunggah naskah secara online. Apabila penulis menghadapi masalah dalam proses ini, penulis bisa menghubungi editor melalui email dan melampirkan naskahnya. Sosiologika  tidak membatasi panjang naskah sejauh relevan dengan pokok bahasan. Namun, idealnya naskah yang dikirim tidak lebih dari 8000 kata di luar kutipan, tabel dan daftar pustaka. Mohon dicantumkan pula alamat lengkap, termasuk alamat email untuk korespondensi lanjutan. 

Sosiologika  mengingatkan kepada penulis bahwa naskah tidak pernah diterbitkan sebelumnya (baik dalam kegiatan seminar, workshop, atau kegiatan lainnya) atau dalam proses evaluasi di jurnal lain. Ketentuan ini juga berlaku terhadap substansi dan uraian yang merupakan bagian dari naskah yang dikirim ke tempat lain. Segera setelah naskah diterbitkan, Sosiologika  akan mengabarkan penulis dengan tautan artikel dalam jurnal. Penulis dapat menyebarkan link tersebut di situs pribadi atau media elektronik lainnya dengan mencantumkan keterangan bahwa naskah itu telah diterbitkan dalam Sosiologika.

 

Khusus

1. Penulis memastikan bahwa naskah yang dikirim untuk Sosiologika adalah karya terbaru yang belum pernah diterbitkan atau dikirim kepada penerbitan lain.

2. Penulis menyertakan abstrak yang ditulis dalam bahasa Inggris dengan tidak melebihi 300 kata. Penulisan abstrak disertai pula daftar kata-kata kunci (keywords) di bagian bawah tulisan abstrak. 

3. Artikel ditulis dalam format *.doc. Apabila tulisan disertasi ilustrasi gambar, data tabel, mohon diletakkan di tempat yang sesuai dengan pokok bahasan.

4. Penulis melakukan register dan login terlebih dahulu di halaman awal jurnal.

6. Penulis menyampaikan biodata yang terdiri dari kegiatan atau pekerajaan sekarang dan afiliasi kelembagaan, minat dan bidang kajian penulis, karya tulis yang pernah dihasilkan dan alamat surat dan email serta telepon yang mudah dihubungi.

7. Penulisan naskah menggunakan huruf  Times New Roman ukuran 12 poin, dan ditulis dalam jarak 1.5 spasi MS Word 2003 atau versi yang lebih tinggi.

8. Singkatan seperti dll, dsb, tsb, dan lainnya tidak diperkenankan. Penulisan singkatan nama lembaga seperti Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan lainnya diperkenankan apabila terjadi berulang-ulang setelah penyebutan lengkap nama lembaga tersebut.

9. Apabila terdapat penggunaan huruf di luar Latin (Arab, Kawi, dan Tionghoa misalnya) dan simbol khusus, dan tidak tersedia dalam isi tulisan, silahkan hubungi Jurnal Sejarah untuk petunjuk lebih rinci. 

10. Cetak miring  (italic) digunakan untuk judul buku dan nama jurnal. Semua kata-kata asing yang belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia menggunakan huruf miring. Nama tempat, lembaga dan organisasi yang ditulis dengan awal kapital tidak perlu dibuat miring.  

11. Jika terdapat nama orang, maka penyebutan pertama nama-nama tersebut harus dicantumkan secara lengkap nama depan atau inisialnya, seperti Jurgen Habermas atau Anthony Giddens. Untuk penyebutan selanjutnya, cukup disebutkan nama belakang masing-masing orang yang dikutip dalam tulisan.  

12. Di dalam tulisan artikel, format tanggal disebut lengkap 1 Januari 2017. Sedangkan untuk footnote dan bibliografi ditulis 1-1-2017

13. Kutipan dari daftar pustaka menggunakan sistem American Psychological Asociation (APA). Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah. <Lihat APA Style>.

- Kutipan menggunakan tanda aphostroph ganda "Dalam tradisi studi sejarah di Indonesia, masyarakat miskin perkotaan masih luput dari perhatian" (Basundoro, 2014: 17).

- Kutipan panjang dibuat indent ke dalam tanpa perlu menggunakan tanda petik. 

- Penggunaan catatan kaki diterapkan setelah penyebutan: 2, di belakang koma, 3 dan setelah tanda titik.4

- Referensi yang menyebutkan satu atau dua karya dimasukkan dalam parenteses tulisan:  (Cohen 2004: 34-39; Pigeaud 1960-64, V: 281-287; Van Sterkenburg and De Vries 1997: 56-59).

- Apabila ada lebih dari satu karya dari pengarang yang sama, dipisahkan dengan koma  (Jones 1998: 66, 2002: 24, 2003: 90). Jika karya lebih dari satu tahun, gunakan huruf a, b, atau c (Cohen 2002a, b, c).

- Apabila ada lebih dari satu pengarang dengan nama belakang yang sama, gunakan inisial awal  (H. Geertz 1971; C. Geertz 1976) (C. Geertz and H. Geertz 1988).

- Karya dari pengarang lebih dari satu ditulis: (Houben, Maier, and Van der Molen 1992: 112-115)  bukan (Houben, Maier, and Van der Molen eds 1992: 112-115). Untuk lebih dari tiga pengarang, dicantumkan et.al di belakang pengarang pertama.  

- Karya yang akan diterbitkan ditulis "Forthcoming". 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice


Sosiologika menerima setiap naskah tanpa pungutan biaya apapun. Silahkan kirimkan naskah Anda untuk mendapatkan apresiasi dan tanggapan dari rekan sejawat dan pembaca luas. Penulis tetap memiliki copyright terhadap artikel yang terbit untuk menerbitkan keseluruhan atau sebagian naskah dalam media cetak (penulisan buku, tesis atau disertasi). Para penulis juga tetap dapat memperbanyak artikel yang telah ditulis untuk tujuan pengajaran, menampilkannya dalam situs pribadi, lembaga pendukung penelitian, setelah naskah diterbitkan. 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.