PENGARUH SKEMATA TERHADAP PEMAHAMAN TEKS PEMBELAJAR BAHASA KOREA

Authors

  • Fitri Meutia Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/aksarabaca.v3i1.1405

Abstract

ABSTRAK

Teks merupakan salah satu media penyampaian informasi. Akan tetapi, tidak semua isi teks dapat dipahami oleh pembacanya. Perlu adanya skemata yang dapat membantu pembaca untuk memahami isi teks sehingga pesan yang dimaksud tersampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh skemata yang diberikan sebelum membaca  pada tingkat pemahaman isi teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif ekperimen, yang mana penulis akan membandingkan nilai sebelum dan sesudah tes, dan membandingkan nilai tes pemahaman dari kelas yang diberikan skemata dengan kelas yang tidak diberikan sebelum kegiatan membaca untuk melihat pengaruhnya. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i semester 6 Program Studi Bahasa Korea,  Akademi Bahasa Asing Nasional. Teks yang akan digunakan dalam eksperimen yang  ini adalah teks persuasif berjudul “경주 최 부자와 시민의 의무(kyeongju chwe bujawa simine euimu)”, yang berarti “Tuan Choi si orang kaya dari Kyeongju dan kewajiban penduduk.” Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan ada pengaruh  pada pemahaman membaca setelah skemata diberikan. Hal ini diketahui dari hasil analisis statistik dengan uji Paired Samples, yang menunjukkan adanya peningkatan pada nilai rata-rata tes setelah diberikan perlakuan skemata. Selain itu, ditemukan juga bahwa salah satu skemata yang digunakan dalam penelitian ini, yakni “pengenalan makna kosa kata dalam teks” menunjukkan nilai signifikansi tinggi, yakni 0.00 yang lebih kecil dari nilai probabilitas, yakni 0.05, yang menandakan ada perbedaan pemahaman yang tinggi setelah skemata tersebut diberikan. 

Kata kunci: skemata,  membaca komprehensif, teks berbahasa Korea

ABSTRACT

Text is a tool to convey information. However, not all of the text can be understood by the reader. Schemata is needed to help readers understand the contents of the text so that the message  is conveyed. This study aims to determine whether there is an effect of schemata given before reading on the level of understanding of the content of the text. The method used in this research is a quantitative experimental method, in which the writer will compare the scores before and after the test, and compare the scores on the comprehension test of the class given the schemata with the class that was not given before the reading activity to see the effect. The sample in this study were 6th semester students of the Korean Language Study Program, Academy of Foreign Language of Nasional. The text to be used in this experiment is a persuasive text entitled "경주 최 부자 와 시민 의 의무 (kyeongju chwe bujawa simine euimu)", which means "Mr. Choi the rich man from Kyeongju and the obligations of the population”.  The results showed that it was found that there was an effect on reading comprehension after the schemata were given. This is known from the results of statistical analysis with the Paired Samples test, which shows an increase in the average value of the test after schemata treatment was given. In addition, it was also found that one of the schemata used in this study, namely "recognition of the meaning of vocabulary in the text" shows a high significance value, which is 0.00 which is smaller than the probability value, namely 0.05, which indicates that there is a high difference in understanding after the schemata is given.

Keywords: schemata, reading comprehensive, Korean text

 

Author Biography

Fitri Meutia, Universitas Nasional

Fakultas Bahasa dan Sastra

References

DAFTAR PUSTAKA

Ghozali, Imam.(2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : BP UNDIP.

Hansen, Kristina M. (2009). Vocabulary Instruction, Reading Comprehension, And Student Retention: A Review of Literature (Tesis). Northern Michigan University.

Hakim, Abdul.(2002). Statistik Induktif Untuk Ekonomi & Bisnis, Ekonisia, Yogyakarta.

Hsiu-Chieh Chen & Michael F. Graves.(1995). Effects of Previewieng and Providing Background Knowldege on Taiwanese College Students’s Comprehesion of American Short Stories. TESOL QUARTERLY. Vol. 29. No.4.

Kusumawati, E. & Widiati, U.(2017). The Effects of Vocabulary Instructions on Students’ Reading Comprehension across Cognitive Styles in ESP. Journal of Education and Practice, Vol.8, No.2.

Mahfood, Al Salmi.(2011). Schemata(Background Knowledge) And Reading Comprehension For EFL Students. Research Journal Specific Education. No.22

Navarro. M. Ann.(2008). Building Schema for English Language Learners. ERIC Institute of Education Sciences(US). Report No. : ED515335.

Nurbaya, St., Rahman F., Rustono, Suyantoro.(2018). Pengaruh Skemata Terhadap Kompetensi Membaca Pemahaman Berbasis Taksonomi Rudell. LITERA. Vol. 17, No.1.

Nuryadi, Astuti, T.D., Utami, E.S., dan Budiantara, M.(2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta:Sibuku Media.

Sugiyono.(2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Oktaviani MA. & Notobroto HB.(2014) Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors, Shapiro-Wilk, dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika dan Kependudukan. Vol.3 No.2: 127–135.

Pramana, A., & Wisnu, M. (2012). Analisis Perbandingan Trading Volume Activity dan Abnormal Return Saham Sebelum dan Sesudah Pemecahan Saham (studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2011. Diponegoro Journal Management. Vol I, No.1, hal.1-9.

Downloads

Published

2024-02-19