PENINGKATAN KOSA KATA BAGI PEMBELAJAR BAHASA JEPANG MELALUI TIGA APLIKASI GAME

Authors

  • Suyanti Natalia Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Nasional, Jakarta
  • Luthfia Alya Kharisma Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Nasional, Jakarta

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini meneliti tentang tiga aplikasi yang isinya mengandung pembelajaran bahasa Jepang. Aplikasi ini merupakan salah satu media pembelajaran yang praktis dan fleksibel karena belajar dapat dilakukandimana pun dan kapan pun tanpa harus terjadinya proses belajar mengajar di dalam kelas. Semakin pesatnya perkembangan teknologi digital dan teknologi informasi, banyak bermunculan media pembelajaran sepertiaplikasi atau web pembelajaran bahasa Jepang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis tiga aplikasi yang terdapat pembelajaran bahasa Jepang apakah mengandung tiga unsur yang dapat mendukung pembelajaran kosa kata sebagai media ajar berbasis multimedia.tiga aplikasi sebagai data dalam peneltian iniadalah tiga game aplikasi untuk mempelajari kosa kata dan kalimat bahasa Jepang yaitu Duolingo, Learn Japanese dan Bunpo, kemudian hasil analisisnya adalah diketahui adanya tiga syarat game sebagai bahan ajar digital dapat diketahui namun pada aplikasi Learn Japanese dan Bunpo lebih banyak dipelajari bentuk panjang alam kategori kalimat berkaitan dengan kemampuan bahasa Jepang pada setiap levelnya. Hal ini dapat dilihat sejauh mana secara digital proses ketiga unsur dari teori Paul Nation sebagai bahan ajar multimedia yang dapat menunjangpembelajaran kosakata. Penggunaan teknologi mobile bukan hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai sarana dan media pembelajaran yang praktis dan dapat menjadi alat bantu pendukung bahan ajar yang dapatdigunakan pembelajar kapan saja dan di mana saja. Kata Kunci: Multimedia, Mobile Learning, Kosa Kata Bahasa Jepang. ABSTRACTThis study examines three applications that contain Japanese language learning. This application is one of the practical and flexible learning media because learning can be done anywhere and anytime without the need fora teaching and learning process in the classroom. The rapid development of digital technology and information technology, many learning media such as Japanese language learning applications or web. The problem in thisstudy is to analyse three applications that contain Japanese language learning whether they contain three elements that can support vocabulary learning as multimedia-based teaching media. three applications as datain this research are three application games to learn Japanese vocabulary and sentences, namely Duolingo, Learn Japanese and Bunpo, then the results of the analysis are known to have three game requirements as digital teaching materials can be known but in the Learn Japanese and Bunpo applications more studied natural long form sentence categories related to Japanese language skills at each level. This can be seen to what extent the digital process of the three elements of Paul Nation's theory as multimedia teaching materials that can support vocabulary learning. The use of mobile technology is not only as a means of communication but also as a means and practical learning media and can be a supporting tool for teaching materials that can be used. Keywords: Multimedia, Mobile Learning, Japanese Vocabulary

References

BUKU

Allen, Edward David and Vallete Rebecca M.

Classroom Techniques: Foreign

Languages and English as a Second

Language. England: Waveland Press

Cresweel, John W. 2017. Research Design;

Pendekatan Metode Penelitian Kualitatif dan

Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Hatch, Evelyn and Brown Cheryl. 1995.

Vocabulary, Semantics and Language

Education. New York: Cambridge

University Press

Miarso Yusuhadi. 2009. Menyemai Benih

Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Nation, Paul.I.S.P., 2000. Learning Vocabulay

In Another Language. England: Cambridge

Applied Linguistic.

Nation, Paul. I.S.P. 1999. Materials For

Teaching Vocabulary. England: Cambridge

University

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif

Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: DIVA

Press (IKAPI)

Uno Hamzah B. 2014. Teknologi Komunikasi

& Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi

Aksara

JURNAL

Subiyati, M. 2018. Penguasaan Kosa Kata

dalam Hubungannya dengan Kemampuan

Membaca Bahasa Inggris di Perguruan

Tinggi. Yogyakarta: Jurnal Cakrawala

Pendidikan

Downloads

Published

2024-02-12