PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA PUSAT PEMBERDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA NASIONAL (PP-PON) KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA TAHUN 2015
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terhadap kualitas pelayanan di PP-PON, disiplin kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan dan secara bersamasama berpengaruh positif dan signifikan. Kenaikan disiplin kerja 1 satuan meningkatkan kualitas pelayanan 0,063 satuan dan kenaikan motivasi kerja 1 satuan meningkatkan kualitas pelayanan 0,779 satuan. Proporsi pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan sebesar 35,1% sedangkan sisanya 64,9% dipengaruhi oleh variable lainnya yang tidak ada didalam model regresi linier.
Kata kunci : Disiplin, Motivasi, Kualitas Pelayanan
References
Ariani, Dorothea Wahyu. 2003.
Manajemen Kualitas Pendidikan Sisi Kualitatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Dessler, Gark, 1999 Manajemen
Personalia (Terjemahan Moh. Masud). Jakarta , Erlangga
Danim, Sujarwan, 2008. Kinerja Staf dan
Organisasi. Cetakan 1. Bandung : Pustaka setia
Hani T Handoko. 1996. Manajemen
Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.
Handoko, Hani T, Dr.MBA dan
Reksohadiprodjo Sukanto, Dr. M.Com.1996. Organisasi Perusahaan. Edisi kedua Yogyakarta : BPFE
Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2005. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Luthans, Fred. 2006., Perilaku Organisasi 10th. Edisi Indonesia. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Martoyo, Susilo. 1992. Manajemen
Sumber Daya Manusia Yogyakarta BPFF
Parasuraman.2003. Jurnal pengaruh
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan. Januari 2003
Robbin, Stephen. 1996. Perilaku
Organisasi, Konsep, KontroversiAplikasi. Jilid 2 Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Prenhallindo.
Robbin, Stephen ,P Prinsip-Prinsip Prilaku
Organisasi , 1999 Edisi Ke Lima, Jakarta Erlangga
Siagian, Sondang. 2006. Manajemen
Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Sinambela, Lijan Poltak.2012. Metodologi
Penelitian kuantitatif. Cetakan Pertama. Yogjakarta : Graha Ilmu
Sinambela, Lijan Poltak.2014. Kinerja
Pegawai : Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogjakarta : Graha Ilmu
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian
Administrasi. Edisi Ketiga Belas. Bandung: CV. ALFABETA
Sugiyono.2005. Metode Penelitian Bisnis.
Alfabeta, Bandung. Thoha, Miftah. 2010. Perilaku Organisasi :
Konsep dasar dan Aplikasinya. Edisi Pertama. Jakarta : Rajawali Pers.
Wuryanto. Ign. 2003. Manajemen Kepegawaian. Jilid 2. Yogjakarta : Kanisius