ANALISIS ASUHAN KEPERAWATAN MELALUI INTERVENSI KOMPRES HANGAT SERAI PADA KELUARGA DENGAN ARTHRITIS GOUT DI JAKARTA SELATAN

Penulis

  • Selasfrida Manurung UNIVERSITAS NASIONAL- UNAS

Abstrak

 Latar Belakang : Penyakit gout arthritis merupakan suatu penyakit dimana terjadi gangguan metabolik dengan manifestasi arthritis inflamasi akut yang dipicu oleh kristalisasi asam urat dalam sendi. Intervensi mandiri yang dapat perawat lakukan untuk menurunkan intensitas nyeri pada gout arthritis, yaitu salah satunya terapi nonfarmakologi dengan  penerapan kompres rebusan serai hangat.

Tujuan : Menganalisis asuhan keperawatan melalui intervensi kompres hangat serai pada Keluarga dengan arthritis gout di Jakarta Selatan.

Implementasi : Tindakan keperawatan pada kedua klien dilakukan pada tanggal 01 - 19 Juni 2023. Implementasi pada diagnosa keperawatan manajemen kesehatan keluarga tidak efektif dengan dilakukannya terapi kompres hangat serai yang bertujuan untuk menurunkan intensitas nyeri pada kedua keluarga.

Hasil : Hasil evaluasi keperawatan dengan masalah keperawatan utama yaitu manajemen kesehatan keluarga tidak efektif, menunjukan bahwa setelah dilakukan terapi kompres hangat serai pada kedua keluarga selama 4 hari, didapatkan data dari kedua keluarga yaitu Ny. M mengalami penurunan intensitas nyeri dari skala 5 menjadi nyeri dengan skala 2, setelah dilakukan intervensi dan beristirahat selama ± 20 menit Ny. M yaitu mampu menggenggam sesuatu dengan perlahan, dan mampu melakukan gerakan progresif. Sedangkan skala nyeri pada Ny. I dari skala nyeri 5 setelah dilakukan intervensi dan beristirahat selama ± 20 menit turun menjadi 2.

Simpulan dan Saran : Penatalaksanaan non-farmakologis dengan penerapan kompres rebusan serai hangat terbukti efektif untuk menurunkan nyeri pada sendi dan sebagai perawatan sederhana yang bisa dilakukan secara mandiri pada asam urat pada penderita arthritis gout dengan masalah keperawatan manajemen  Kesehatan keluarga tidak efektif. Diharapkan klien atau keluarga dapat mengaplikasikan penatalaksanaan non-farmakologis melalui kompres rebusan serai hangat kepada anggota keluarga yang menderita penyakit arthritis gout, sebagai upaya untuk menurunkan nyeri pada sendi.

Kata Kunci    : Arthritis Gout, Kompres Rebusan Serai Hangat

Kepustakaan : 19 (2009-2020)

Biografi Penulis

Selasfrida Manurung, UNIVERSITAS NASIONAL- UNAS

pendidikan Profesi Ners

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Adelina, Saputri, 2019. Asuhan Keperawatan Keluarga Dengan Terapi Kompres Hangat Rebusan Serai untuk Mengurangi Nyeri Pada Ny.L dengan Arthritis Reumathoid Di Jorong Solok Baruah Nagari Salo Kecamatan Baso Kabupaten Agama. Skripsi : STIKES Perintis Padang.

Amelia, Sarma & Syafitri, Adinda Riski. 2020. Efektifitas Kompres Hangat Rebusan Air Serai Terhadap PenurunanIntensitas Nyeri Arthritis Reumatoid Pada Lansia di Puskesmas Deli Tua Tahun 2020. Http://Ejournal.Delihusada.Ac.Id/Index.Php/Jpkm.

Andarmoyo, Sulistyo. 2013. Konsep & Proses Keperawatan Nyeri. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Brunner, S. 2012. Buku Ajar Bedah Medikal Bedah. vol.3. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran. EGC.

Hidayat & Napitaliu. 2015. Pemanfaatan tumbuhan Berkhasiat Obat Oleh Masyarakat Sekitar Cagor Alam Gunung Simpang, Jawa Barat. In Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. http://biodiversitas.mipa.uns.ac.id

Hidayat, Ridha. 2020. Efektifitas Kompres Serai Hangat Terhadap Penurunan Skala Nyeri arthritis Rheumathoid Pada Lansia Di Desa Naumbai Wilayah Kerja Puskesmas Kampar. (ISSN 2580-2194).

Iqbal, d. 2011. Ilmu Keperawatan Komunitas Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.

Isnawati, Findy Nur Isa. 2018. Efektifitas Terapi Kompres Air Hangat Terhadap Intensitas Nyeri Pada Lansia Mawar Indah Dusun JangganDesa Janggan Kecamatan Pancol Kabupaten Magetan. Skripsii: STIKES Baktii Husadaa Muliaa Madiun.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Riset Resehatan Dasar (Riskesdas) 2018.

Kholifah.S.N. 2016. Keperawatan Gerontik. Jakarta: Badan PPSDM Kesehatan.

Mubarak, Chayatin. 2009. Konsep Dasar Manusia. Jakarta : Salemba Medika, 2009.

Mulfianda, R., & Nidia, S. (2019). Perbandingan Kompres Arir Hangat Dengan Rendam Air Garam Terhadap Penurunan Skala Nyeri Penderita Arthritis Gout. Jurnal SEMDI UNAYA Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Aceh, 217-225.

Susanto, Teguh. 2013. Asam Urat Deteksi, Pencegahan, Pengobatan. Yogyakarta: Buku Pintar.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. 2016. Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI) Edisi 1. Jakarta: Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI. 2018. Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI) Edisi 1 Cetakan II. Jakarta: Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI. 2019. Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI) Edisi 1 Cetakan II. Jakarta: Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

World Health Organization (WHO). Musculoskeletal Conditions (Who.Int).

Zahara, R. 2013. Artritis Gout Metakarpal dengan Perilaku Makan Tinggi Purin Diperberat oleh Aktifitas Mekanik Pada Kepala Keluarga dengan Posisi Menggenggam Statis. Volume 1 nomor 3.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Articles