ANALISIS ASUHAN KEPERAWATAN MELALUI INTERVENSI TERAPI TEHNIK RELAKSASI BENZON PADA KELUARGA DENGAN TB PARU DI KELURAHAN LENTENG AGUNG JAKARTA SELATAN

Authors

  • Natalia Dermawan Simamora universitas nasional - UNAS
  • Intan Asri Nurani

DOI:

https://doi.org/10.47313/jpmn.v1i2.2674

Abstract

Latar Belakang : Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis di paru. Bakteri tuberkulosis yang menyerang paru menyebabkan gangguan pernapasan, seperti batuk kronis dan sesak napas. Terapi non farmakologi yang sering digunakan untuk pasien TB Paru yaitu teknik relaksasi benzon. Terapi ini menggabungkan relaksasi yang diberikan dengan keyakinan klien.

Tujuan Umum: Studi kasus ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam menganalisis Intervensi Keperawatan Melaluli Intervensi Tehnik Relaksasi Benzon Pada Keluarga dengan TB Paru Kelurahan Puskesmas Lenteng Agung Rw.02/Rt 05 Jakarta Selatan

IMPLEMENTASI :Tindakan keperawatan dilakukan setelah perencanaan kegiatan di rancang dengan baik. Tindakan keperawatan mulai dilakukan tanggal 14 November 2022. Hari pertama memberikan implementasi atau tindakan pada tanggal 15 November 2022 pukul 10.00 WIB dilakukan tindakan edukasi penyakit TB Paru, mengidentifikasi kemampuan menerima informasi, memberikan kesempatan keluarga Tn. M untuk bertanya serta menyediakan materi dan media pendidikan kesehatan berupa lembar balik yang berisi pengertian, penyebab, tanda dan gejala, komplikasi, pencegahan serta perawatan sederhana yang bisa keluarga Tn. M lakukan dirumah.Hari kedua memberikan implementasi atau tindakan pada tanggal 16 November 2022 pukul 15.00 WIB untuk memastikan keluarga sudah mampu secara mandiri melakukan tehnik relaxsasi benzon pada Ny.A.

Author Biography

Natalia Dermawan Simamora, universitas nasional - UNAS

  • PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI NERS FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS NASIONAL JAKARTA

References

Alsagaff, Hood & Abdul Mukty. 2010. Dasar-Dasar Ilmu Penyakit Paru. Surabaya : Airlangga University Press.

Ardiansyah, Muhamad. 2012. Medikal Bedah Untuk Mahasiswa. Yogyakarta: DIVA press Dinkes Jateng. 2008.

Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA Jilid 3. Jogjakarta : Mediaction Rab.

Brunner and Suddart. 2002. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah, Edisi 8,Vol I dan II, Jakarta : EGC.

Hariadi, Slamet, dkk. 2010. Buku Ajar Ilmu Penyakit Paru. Surabaya : Departemen Ilmu Penyakit Paru FK Unair RSUD Dr. Soetomo.

Downloads

Published

2023-10-31