PELAKSANAAN PRE DAN POST CONFERENCE DI RUANG MPKP EDELWIES RSU UKI

Penulis

  • Asmahan Fitria Ningrum

Abstrak

Abstrak

Latar Belakang: Manajemen keperawatan yaitu pelayanan professional dimana tim keperawatan menjalankan empat fungsi manajemen diantara nya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Pre Conference adalah diskusi tentang aspek klinik sebelum melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien, sementara. Post Conference adalah diskusi tentang aspek klinik sesudah melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien. Hasil dari wawancara, observasi dan kuesioner penulis dengan perawat di Ruang Edelwies RSU UKI. pelaksanaan pre dan post conference belum dilakukan secara optimal, karena belum sesuai aturan kegiatan pre dan post conference. Hal itu bisa berpengaruh pada asuhan keperawatan yang diberikan oleh perawat.

Tujuan: Adapun tujuan penulisan ini untuk mengoptimalkan pelaksanaan pre dan post conference diruangan Edelwies RSU UKI.

Implementasi: Pengkajian dilakukan pada tanggal 18-20 Juli 2023 dengan menggunakan metode wawancara, obervasi dan kuesioner jumlah sample penelitian ini sebanyak 20 orang perawat diruangan edelweiss. Implementasi keperawatan yang dilakukan yaitu desiminasi ilmu dan role play terkait pre dan post conference.

Hasil: berdasarkan implementasi yang sudah dilakukan dari hasil observasi tampak para perawat antusias dalam mengikuti desiminasi ilmu dan juga role play dari awal hingga akhir. Dari hasil observasi menunjukkan peningkatan dalam penerapan pre dan post conference sebanyak 75% menjadi 90%.

Kesimpulan: Hasil dari implementasi selama 3 hari dalam penerapan pre dan post conference di ruangan edelweiss RSU UKI menunjukkan peningkatan menjadi 90%

Saran: Teruntuk itu diharapkan pihak rumah sakit untuk dapat mengikuti standar operasional prosedur dalam pemberian asuhan keperawatan.

Kata Kunci: Pre Conference, Post Conference, Manajemen Keperawatan, Asuhan Keperawatan

Daftar Pustaka: 17 pustaka (2013-2023).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Articles