SINERGI STIKES WIRA MEDIKA BERSAMA BALI INSTITUTE DALAM PELAYANAN KESEHATAN DAN EDUKASI BAGI MASYARAKAT BANJAR ABIANSEKA DESA MAS UBUD KABUPATEN GIANYAR

Penulis

  • Ni Luh Gede Intan Saraswati STIKES WIRA MEDIKA

Abstrak

Latar Belakang: Penyakit tidak menular menjadi salah satu tantangan dunia kesehatan di abad ke 21, teknologi di Indonesia, lingkungan yang berubah, dan pergesaran gaya hidup, hal ini yang banyak menyebabkan perubahan tren penyakit, sekaligus perubahan usia yang menderita penyakit tidak menular. Penyakit tidak menular dapat diturunkan dengan mengendalikan faktor resiko. Diperlukan upaya pemerintah dalam menangani PTM dan diperlukan kolaborasi antara petugas kesehatan, pemerintah dan masyarakat dalam melakukan promosi kesehatan, deteksi dini dengan mempertimbangkan aspek budaya dan kepercayaan tiap-tiap daerah Tujuan: Melakukan pengecekan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula  darah, dan pemeriksaan berat badan bagi masyarakat. Metodologi: Kegiatan dilakukan ini pada tanggal 30-31 Juli 2023. Kegiatan dilakukan di wilayah Banjar Abianseka, Desa Mas Ubud Bali. Sasarannya adalah setiap keluarga yang kooperatif di daerah Banjar Abianseka. Kegiatan dilakukan door to door dan meliputi kegiatan  penyuluhan kesehatan tentang cuci tangan, pemeriksaan gula darah, pengecekan tensi, dan pemberian bubuk abate untuk pencegahan demam berdarah Hasil: Sebagian besar responden adalah wanita. Sebagian besar nilai tekanan darah, IMT, gula darah dalam batas normal. Kesimpulan: Kegiatan edukasi dan pemeriksaan ini dapat menambah pengetahuan dan melakukan pencegahan dini terhadap masalah penyakit tidak menular seperi Hipertensi dan DM di Banjar Dentiyis Sukawati Gianyar. Saran: Program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat ditindaklanjuti di tempat lain pada tahun berikutnya untuk menunjang Kesehatan masyarakat dalam mencegah dan menangani masalah penyakit Hipertensi, DM, dan Osteoarthritis.

 

Kata Kunci: Penyakit Tidak Menular, Masyarakat, Edukasi

Referensi

Arifin, H. et al. (2022) ‘Analysis of Modifiable, Non-Modifiable, and Physiological Risk Factors of Non-Communicable Diseases in Indonesia: Evidence from the 2018 Indonesian Basic Health Research’, Journal of Multidisciplinary Healthcare, 15(September), pp. 2203–2221. doi:10.2147/JMDH.S382191.

Fenny, S. (2016) Tingkat pengetahuan tentang hipertensi pada pasien hipertensi di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Gotong Royong Surabaya. Widya Mandala Catholic University Surabaya. Available at: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/9471/.

Kemenkes (2012) Diabetes Fakta dan Angka. Jakarta. Available at: https://p2ptm.kemkes.go.id/uploads/2016/11/Diabetes-Fakta-dan-Angka.pdf.

Kemenkes RI (2018) ‘Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018’, Kementrian Kesehatan RI, 53(9), pp. 1689–1699.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Articles