Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Es Teller 77 Branch Mall Pejaten Village

Authors

  • Muhammad Hafiz Mulya Universitas Nasional
  • Rosa Adila
  • Gagih Pradini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara-cara meningkatkan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan pelayanan dan kualitas produk. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi dan wawancara dengan pelanggan yang melakukan pembelian di restoran Es Teller 77 Pejaten Village untuk mengumpulkan data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Responden penilitian merupakan lima orang pelanggan Restoran Es Teller 77 Pejaten Village. Temuan dari analisis penelitian membawa kita pada kesimpulan bahwa kehandalan nyata, daya tanggap, jaminan, dan empati adalah semua indikator layanan berkualitas tinggi. Studi tersebut menunjukkan bahwa produk dan layanan berkualitas tinggi akan berdampak signifikan pada kepuasan dan minat konsumen terhadapnya, seperti halnya layanan berkualitas tinggi akan memiliki efek positif.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasaan Konsumen

References

Alexandro, R., Hariatama, F., & Norliana, E. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan pada Rumah Makan Panca Rasa Puruk Cahu. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 353-361.

Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312-318.

Sangadji,E.,&Sopiah.(2013),PerilakuKonsumen-Pendekatan Praktis disertaiHimpunanJurnal Penelitian.Yogyakarta: Andi.

Shaw, C., & Hamilton, R. (2015). The Intuitive Customer: 7 Imperatives for Movingyour Customer Experience to the Next Level. Florida: Beyond Philosophy Companies.

Siregar. (2016). Statistika Deskriptif untuk Penelitian dilengkapi Perhitungan ManualdanAplikasi SPSS Versi17.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Tjiptono,F. (2011).Manajemen danStrategi Merek.Yogyakarta: Andi.

UNWTO. (2012). UNWTO Tourism Highlights 2012 Edition. Madrid: UNWTO.UNWTO.(2015).Tourism. Tourism Highlight, 2

Maranisya, U., & Putri, S. (2022). Pengaruh Harga dan Sistem Penjualan Tiket Terhadap Kepuasan Penonton di Event Konser Be The Sun In Jakarta 2022 (Vol. 4).

Downloads

Published

2022-09-10