ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP SUSTAINABILITY REPORT PADA PERUSAHAAN PESERTA ISRA DI INDONESIA

Authors

  • Sari Mujiani Universitas Islam As-Syafi’iyah
  • Jayanti Jayanti Universitas Islam As-Syafi’iyah

Abstract

Tujuan dari penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan good corporate governance terhadap sustainability report mengikuti pedoman yang disusun oleh Global Initiative Reporting (GRI).Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan peserta ISRA yang menerbitkan sustainability report dan laporan keuangan secara berturut-turut selama periode Tahun 2013-2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan. Data diperoleh dari www.ncsr-id.org, website perusahaan dan www.idx.co.id. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas dan komite audit berpengaruh signifikan positif terhadap sustainability report sedangkan dewan direksi dan dewan komisaris independen berpengaruh tidak signifikan terhadap sustainability report.

References

Adhipradana, F. dan Daljono. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Diponegoro Journal Of Accounting. 3 (1): 1-12.

Aniktia, R. dan Khafid,M. 2015. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Accounting Analysis Journal Universitas Negeri Semarang.4 (3).

Aniswatur, U. dan Kurnia.2016. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Sustainability Report.Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi STIESIA Surabaya.5 (2).

Awalia, E.N, Ratna, A. dan Rida P. 2015. Pengaruh Dewan Direksi, Dewan Komisaris Independen, Leverage dan Aktivitas Perusahaan Terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi .10 (2).

Deegan, C. 2004. Financial Accounting Theory. Australia. McGraw-Hill.

Elkington, J. 1997. Cannibals with Forks.The Triple Bottom Line of 21st Century Business.Capstone, Oxford.

Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Global Reporting Initiative. 2013. Pedoman Pelaporan Keberlanjutan G4, www.globalreporting.org.

Hanafi, Mamduh, M. dan Abdul, H. 1995. Analisis Laporan Keuangan.Yogyakarta. UPP AMP YKPN.

Jensen, M. dan Meckling.1976.Theory of the Firm.Managerial Behavior, Agency Costs, dan Ownership Structure.Journal of Financial Economics. 3. 305-360.

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Pertama. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Khafid, M. dan Mulyaningsih.2015. Kontribusi Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Publikasi Sustainability Report.Jurnal Ekonomi dan Keuangan Universitas Negeri Semarang.19 (3).

Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).2006. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia.

Nasir, A. Elfi, I. dan Vadela, I.U. 2014. Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Sustainability Report Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar. Jurnal Ekonomi Universitas Riau. 22 (1)

Sari, M. dan Marsono. 2013.Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Diponegoro Journal Of Accounting. 2 (3): 1-10.

Scott, W. R. 2012. Financial Accounting Theory. Sixth Edition Canada. Pearson Prentice Hall.

Sentosa,S. 2012. Hukum Perbankan. Mandar Maju. Bandung.

Stewart, T. A. 1999. Intellectual Capital. The New Wealth of Organizations. Currency / Doubleday. New York.

Sujarweni, V.M.2015. Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka baru press. Yogyakarta.

Susanto, Y. dan Tarigan. 2013. Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Business Accounting. 1.

Suryaningsih, A. 2017.Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Good Corporate Governance Terhadap Praktik Pengungkapan Sustainability Report. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suryono, H. dan Andri, P.2011.Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance (GC) Terhadap Sustainability Report (SR) Pada Perusahaan yang Listed di BEI Periode 2007-2009. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Tim Dosen. 2018. Diktat Pedoman Skripsi Universitas Islam As - Syafi’iyah. Pusat Penelitian dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat. Jakarta

Tugiman, H. 1995. Standar Profesi Internal Auditor. Kanisius. Bandung.

Tugiman, H. 1999. Standar Profesi Internal Auditor. Cetakan kelima.Kanisius. Bandung.

Tumewa, J. 2017. Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Praktik PublikasiSustainability Report Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi: 3 (1)

Undang-Undang Perseroan Terbatas No. 40 Tahun 2007

Undang-Undang Perseroan Terbatas No. 01 Tahun 1995

www.ncsr-id.org

Downloads

Published

2021-03-13

Issue

Section

Original Researh Articles