IMPLEMENTASI GREEN ACCOUNTING BERBASIS UNIVERSITY SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Komparasi pada Universitas Negeri dan Universitas Swasta di Jakarta)

Authors

  • Ramadanti Rifani Universitas Nasional
  • Molina Molina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan Kesadaran Lingkungan, Keterlibatan Lingkungan, Pelaporan Lingkungan dan Audit Lingkungan antara Universitas Negeri dengan Universitas Swasta di Jakarta. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan purposive sampling dengan total responden sebanyak 240 orang dari mahasiswa dan mahasiswi serta beberapa pemangku kepentingan dari beberapa Universitas Negeri dengan Universitas Swasta di Jakarta. Metode analisis data menggunakan Independent Sample T-Test yang diolah melalui SPSS (Statistical Package for the Social Science). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Universitas Negeri dengan Universitas Swasta di Jakarta untuk variabel Keterlibatan Lingkungan. Sedangkan pada variabel Kesadaran Lingkungan, Pelaporan Lingkungan dan Audit Lingkungan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Universitas Negeri dengan Universitas Swasta di Jakarta

References

Aniela, Yoshi. (2012). Peran Akuntansi Lingkungan dalam Meningkatkan Kinerja Lingkungan dan Kinerja Keuangan Perusahaan. Berkala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 15-19.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astiti, Widhiyanti. (2014). Implementasi Green Accounting Berbasis University Social Responsibility di Universitas Negeri Yogyakarta. 3(2), 134-194.

Astuti, Fajriani. (2017). Analisis Penerapan Green Accounting Berbasis University Social Responsibility (USR) (Studi Komparasi pada Perguruan Tinggi di Wilayah Yogyakarta dan Surakarta). 1(1), 1-12.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Kuznetsov, A. and Kuznetsova, O. (2008). Gaining Competitiveness Through Trust: The Experience of Russia. European Journal of International Management, 1(2), 22-38.

Musyarofah, S. (2013). Analisis Penerapan Green Accounting di Kota Semarang. Accounting Analysis Journal, 3(2), 36-44.

Neolaka, Amos. (2008). Kesadaran Lingkungan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ravika, P.H. (2018). Analisis Penerapan Green Accounting berbasis University Social Responsibility (USR) pada Universitas Riau Kepulauan dan Universitas Internasional Batam. 12(1), 121-131.

Salim, Emil. (1993). Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Jakarta: LP3ES.

Sari, M. P., dan P. B. Hadiprajitno. (2013). Pengawasan Impelementasi Green Accounting Berbasis University Social Responsibility (USR) di Universitas Negeri Semarang serta Studi Komparasi Universitas Se-kota Semarang. 9(2), 169-198.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sujarweni, V., Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.

Suwaldiman. (2005). Tujuan Pelaporan Keuangan: Konsep, Perbandingan, dan Rekayasa Sosial. Yogyakarta: Ekonisia FE UII 2005.

Tilling, M. V. (2004). Refinements to Legitimacy Theory in Social and Environmental Accounting. Commerce Research Paper Series, 6(4), 1–11.

Downloads

Published

2021-03-13

Issue

Section

Original Researh Articles