THE ROLE OF GOOD CORPORATE GOVERNANCE ON TAX AVOIDANCE WITH LEVERAGE AS A MODERATOR PERAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN LEVERAGE SEBAGAI PEMODERASI

Authors

  • Sukma Indriasari Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila
  • Syahril Djaddang Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila
  • Darmansyah Darmansyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menganalisis peran CFO overconfidence, institutional ownership, leverage terhadap tax avoidance, serta untuk mengetahui peran leverage sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan IDX SMC Liquid yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi diambil sebanyak 13 perusahaan selama 5 tahun sehingga total sampel penelitian sebanyak 65 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan yaitu Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil hipotesis penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yaitu peran CFO overconfidence tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, sedangkan peran institutional ownership dan leverage berpengaruh terhadap tax avoidance, namun setelah dilakukan uji dengan menambahkan variabel moderasi leverage gagal memperlemah pengaruh CFO overconfidence terhadap tax avoidance. Adapun kontribusi penelitiannya adalah untuk penelitian selanjutnya agar memperluas sampel dan menambah jumlah variabel independent sehingga diharapkan hasil yang lebih signifikan.

References

Arinda, H., & Dwimulyani, S. (2019). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Kualitas Audit Terhadap Tax Avoidance Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 123–140.

Feranika, A. (2017). PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, KUALITAS AUDIT, KOMITE AUDIT, KARAKTER EKSEKUTIF, DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia dengan Tahun Pengamatan 2010-2014). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 2(2), 12–21.

Ghozali, I. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9, Cet. 9. Semarang: Badan Penerbit-UNDIP.

Harjo, D. (2019). Perpajakan Indonesia Edisi 2. In Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hsieh, T.-S., Wang, Z., & Demirkan, S. (2018). Overconfidence and tax avoidance: The role of CEO and CFO interaction. Journal of Accounting and Public Policy, 37(3), 241–253.

Hutapea, I. V. R., & Herawaty, V. (2020). PENGARUH MANAJEMEN LABA, LEVERAGE DAN PROFITABLITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2016–2018). Prosiding Seminar Nasional Pakar, 2–18.

Jansen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial. Agency Costs and Ownership Structure.

Masrullah, M., Mursalim, M., & Su’un, M. (2018). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Leverage dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. SIMAK, 16(02), 142–165.

Munawaroh, M., & Sari, S. P. (2019). Pengaruh Komite Audit, Proporsi Kepemilikan Institusional, Profitabilitas dan Kompensasi Rugi Fiskal terhadap Penghindaran Pajak.

Ng, S., & Phie, F. K. (2020). PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN POLITICAL CONNECTION TERHADAP TAX AVOIDANCE DAN DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN. SIMAK, 18(01), 21–46.

Rahmadani, F. N. U., Muda, I., & Abubakar, E. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Manajemen Laba terhadap Penghindaran Pajak Dimoderasi oleh Political Connection. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 375–392.

Wahyudi, I. (2020). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Leverage dan Return on Assets Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Riset Perbankan Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 38–50.

Downloads

Published

2021-06-27

Issue

Section

Original Researh Articles