ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Rachma Zannati akultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Akuntansi Universitas Nasional Jakarta
  • Nurhasanah Nurhasanah RSUD Pasar Minggu, Jakarta

Keywords:

Financing, Analysis Financial Statement, Accounting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Kinerja Keuangan (Current Ratio, Net Profit Margin, dan Total Asset Turnover) terhadap Nilai Perusahaan  dengan Struktur sebagai variabel intervening pada perusahaan sektor sekuritas dan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 (lima) tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang mengarah kepada pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada didapatkan 13 perusahaan yang menjadi sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel.

Berdasarkan hasil analisis data Current Ratio tidak pengaruh terhadap Struktur Modal, Net Profit Margin pengaruh terhadap Struktur Modal , Total Asset Turnover tidak rpengaruh terhadap Struktur Modal. Struktur  Modal tidak pengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Current Ratio tidak pengaruh terhadap Nilai Perusahaan Net Profit Margin tidak pengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Total Asset Turnover pengaruh terhadap Nilai Perusahaan . Struktur Modal tidak mampu memediasi hubungan Current Ratio Terhadap Nilai Perusahaan , Struktur Modal tidak mampu memediasi hubungan Net Profit Margin Terhadap Nilai Perusahaan, Struktur Modal  mampu memediasi hubungan Total Asset Turnover  Terhadap Nilai Perusahaan.

Kata kunci:  Current Ratio, Net Profit Margin, Total Asset Turnover, Nilai Perusahaan, dan Struktur Modal pada Perusahaaan Sektor Sekuritas dan Asuransi

Downloads

Published

2022-07-31