Sistem Absensi Pengenal Wajah Menggunakan Webcam Dengan Library Pada EMGUCV

Authors

  • Tri Cahyadi Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nasional
  • Novi Azman Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nasional
  • Fuad Djauhari Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/jig.v17i1.536

Keywords:

Pengenalan wajah, data base absensi, haar classifier

Abstract

Absensi adalah salah satu transaksi repetitif yang sangat penting, karena berkaitan dengan produktifitas dari karyawan dan merupakan salah satu indikator pengontrol Sumber daya manusia (SDM) yang bertujuan meningkatkan potensi sumber daya manusia serta digunakan dalam rangka efisiensi. Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan membuat suatu sistem yang dapat membantu manusia dalam pengenalan suatu citra digital. Dalam penelitian pengenalan wajah ini menggunakan sebuah kamera untuk menangkap wajah seseorang kemudian dibandingkan dengan wajah yang sebelumnya telah disimpan di dalam database tertentu. Secara garis besar proses dari pengenalan wajah ini adalah kamera webcam melakukan capture pada wajah. Dengan menggunakan pemrosesan awal, dilakukan crop, scaling dan konversi RGB ke grayscale. Setelah dilakukan proses grayscale, dilakukan tahap pengolahan wajah dengan menggunakan metode haar classifier yang terdapat pada library EmguCv.

References

Gonzalez, C, Rafael., and Woods, E, Richard., “Digital Image Processing 3rd”, New Jersey, USA Pearson Prentice Hall, 2008.

Putra Darma., “Pengolahan Citra Digital”, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2009

Mohamad Aditya Rahman, & Ir. Sigit Wasista, M. Kom., “Sistem Pengenalan Wajah Menggunakan Webcam Untuk Absensi Dengan Metode Template Maching”, JurusanTeknik Elektronika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, 2011.

Sandra Agustyan Putra, Sigit Wasista, & Bima Sena Bayu D.,” Sistem Absensi Mahasiswa Secara Visual Menggunakan Webcam Dengan Dynamic Times Warping”, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, 2011.

Endah Sudarmilah., “Sistem Pelacakan Wajah Metode Haar”, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010.

Andi., “Pemograman Visual Basic 6.0”, WahanaKomputer, Semarang, 2000.

Feri, “Grayscale”, http://www.total.or.id/info.php?kk=Grayscale, 19.06.2013.

Risqi, “Pengertian EmguCV”, http://students.netindonesia.net/blogs/risqi/archive/2011/10/05/emgu-cv-part-1, 19.06.2013

Moeza, ”Pengertian Webcam”, http://m0eza-9raphic.blogspot.com/2009/03/fungsi-dan-bagian-bagian-webcam, 22.06.2013

Downloads

Published

2019-03-20