Analisis Kerusakan Bearing 7210 Pada Torsion Shaft

Authors

  • Kis Yoga Utomo Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana, Jl. Raya Jatiwaringin, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jakarta 13077.
  • Wismanto Setyadi Program Studi Teknik Mesin, Universitas Nasional, Jakarta 12520
  • Pebri Ananda Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana, Jl. Raya Jatiwaringin, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jakarta 13077.

DOI:

https://doi.org/10.47313/jig.v22i2.770

Keywords:

analisis kerusakan, bearing, penjadwalan perawatan, poros torsi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan komparasi antara perhitungan teoritis dengan aktualisasi yang terjadi tentang bearing 7210 pada torsion shaft. Perbandingan yang dilakukan dilihat dari sisi umur pakai (lifetime) dari bearing tersebut dibandingkan dengan kondisi aktual yang terjadi. Selain itu analisa yang dilakukan adalah analisa yang berkaitan dengan proses relubrikasi serta analisa yang berkaitan dengan kuantitas grease yang diberikan pada saat proses relubrikasi. Perbedaan antara analisis teoritis dengan aktual disebut dengan deviasi. Perbedaan inilah yang akan dijadikan landasan untuk menyusun jadwal untuk melakukan proses pemeliharaan (preventive maintenance) yang difokuskan untuk memprediksi penggantian bearing dan proses relubrikasi yang dibutuhkan serta banyaknya pelumas yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan lifetime bearing serta memperkecil deviasi yang terjadi antara perencanaan dan kondisi aktual di lapangan

References

Sularso. 1991. “Elemen Mesin”. PT. Pradinya Paramita. Jakarta.

Dahmir Dahlan, Prof.Dr.Ir. 2012. “Elemen Mesin”. Penerbit: Citra Harta Prima. Jakarta.

NN. ” Rolling Bearings Technical Handbook”. PSL. ISBN 80-88889-74-X

Dedison Gasni, Syahrul Rahmat. 2017. “Menentukan Regime Pelumasan Pada Ball Bearing Dengan Menggunakan Kurva Stribeck”. Jurnal METTEK Volume 3 No 1 (2017). Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas, Padang.

Kurmi & J.K. Gupta, R.S. 2005. “Machine Design”. Eurasia Publishing House. Ram Nagar. New Delhi.

NN. ” Catalog Rolling Bearing”. FAG.NN. 2010.” Catalogue Rolling Bearing”. FAG. Germany

Milje, R. 2011. “Engineering Methodology for Selecting Condition Based Maintenance”. Thesis. Faculty of Science and Technology-University of Stavanger, Norwegia.

Radhi Maladzi, Toni Prahasto, dan Achmad Widodo. 2017. “Analisis Kerusakan Bantalan Gelinding Dengan Variasi Kecepatan Putar Berdasarkan Pola Getaran Menggunakan Metoda Envelope Analysis”. Jurnal Teknik Mesin, Vol. 5, No. 1, Tahun 2017. Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hochmann D, Bechhoefer E. 2005. “Envelope bearing analysis”: Theory and practice. In: IEEE Aerospace Conference Proceedings.

White, M.F. 1979. “Rolling element bearing, vibration transfer characteristics: Effect of Stiffness”, Journal Applied Mechanics, 46, 677-684 (1979).

Suhardjono. 2004. “Analisis Sinyal Getaran untuk Menentukan Jenis dan Tingkat Kerusakan Bantalan Bola (Ball Bearing)”. JURNAL TEKNIK MESIN Vol. 6, No. 2, Oktober 2004. Jurusan Teknik Mesin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Downloads

Published

2019-11-29