ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP STOCK SPLIT PADA PERUSAHAAN BERTUMBUH DAN TIDAK BERTUMBUH

Authors

  • Melati Melati Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nasional
  • Andini Nurwulandari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.502

Keywords:

Stock split, split up, harga saham, volume perdagangan saham, abnormal return saham, perusahaan bertumbuh, perusahaan tidak bertumbuh, uji beda dua ratarata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis adanya peningkatan harga, volume perdagangan dan abnormal return saham sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh dan tidak bertumbuh, serta menguji dan menganalisis adanya harga, volume perdagangan dan abnormal return saham sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh yang lebih besar daripada perusahaan tidak bertumbuh. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan melakukan stock split berjenis split up pada periode 2011-2015. Dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel penelitian terdiri dari 45 perusahaan yang diklasifikasikan ke dalam 36 perusahaan bertumbuh dan sembilan perusahaan tidak bertumbuh. Dengan menggunakan uji beda dua rata-rata, penelitian ini menemukan bahwa terdapat peningkatan harga dan abnormal return saham yang signifikan sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh, tidak terdapat peningkatan volume perdagangan saham yang signifikan sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh, tidak terdapat peningkatan harga, volume perdagangan dan abnormal return saham yang signifikan sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan tidak bertumbuh, terdapat harga, volume perdagangan dan abnormal return saham sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh yang lebih besar daripada perusahaan tidak bertumbuh.

References

Astuti, D.W. 2015. Dampak Stock Split terhadap Likuiditas Saham. Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Brigham, E.F. dan L.C. Gapenski. 1994. Financial Management Theory and Practice. The Drydeen Press. Orlando.

Copeland, T.E. 1979. Liquidity Changes Following Stock Splits. The Journal of Finance. 34(1).

Dalimunthe. T.M., Zulbahridar dan V. Diyanto. 2015. Analisis Pengaruh Stock Split terhadap Harga Saham, Volume Perdagangan dan Abnormal Return pada Perusahaan Bertumbuh dan Tidak Bertumbuh. Jom FEKON. 2(2).

Damayanti, N.L., A.T. Atmadja dan N.A.S. Darmawan. 2014. Analisis Pengaruh Pemecahan Saham (Stock Split) terhadap Tigkat Keuntungan (Return) Saham dan Likuiditas Saham: Studi pada Perusahaan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

De Bond, W. dan R. Thaler. 1985. Does the Stock Market Overreact. Jounal of Finance. 40: 793-808.

Fahmi, I. 2012. Manajemen Investasi: Teori dan Soal Tanya Jawab. Salemba Empat. Jakarta.

Handriani, E. 2015. Investment Opportunity Set (IOS) Berbasis Pertumbuhan Perusahaan dan Kaitannya dengan Upaya Peningkatan Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 28(1).

Hendrawijaya, M. 2009. Analisis Perbandingan Harga Saham, Volume Perdagangan Saham dan Abnormal Return Saham Sebelum dan Sesudah Pemecahan Saham. Tesis. Program Pasca Sarjana Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang

Husnan, S.2010. Dasar-Dasar Teori Portofollio dan Analisis Sekuritas. Edisi 5. UPP STIM YKPN.Yogyakarta.

Irmayani, N.W.D. dan N.L.P. Wiagustini. 2015. Dampak Stock Split terhadap Reaksi Pasar pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud. 4(10): 3287-3316.

Jogiyanto, H.M. 2016. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesepuluh. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.

Jones, C.P., S. Utama, B. Frensidy, I.A, Ekaputra, R.U. Budiman. 2009. Invetments Analysis and Management: An Indonesian Adaptation. Salemba Empat. Jakarta.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 1990. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1548/KMK.013/1990 tentang Pasar Modal. Kementerian Keuangan RI. Jakarta.

Leung, T.Y. 2005. Do Stock Split Really Signal. Hal. 1-33.

Marwata. 2000. Kinerja Keuangan, Harga Saham dan Pemecahan Saham. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. 4(2): 151-164.

Menendez, S. dan S.Gomez. 2003. Stock Splits: Motivation and Valuation Effect in the Spanish Market. Investigaciones Economics. 27(3): 459-490.

Ningrum, K.I. 2011. Analisis pengaruh Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Return Saham Perusahaan: Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2009. Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Noerfuad, Z.M. 2015. Analisis Pengaruh Stock Split terhadap Harga Saham, Trading Volume Activity dan Return Saham Perusahaa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Periode 2011-2013. Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Mohammad Husni Thamrin. Jakarta.

Norpratiwi, A.M.V. 2007. Analisis Korelasi Investment Opportunity Set terhadap Return Saham pada Saat Pelaporan Keuangan Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. 28(1): 9-22.

Octavio, D.Q. dan I.W.N. Lantara. 2014. Market Overreaction, Size Effect atau Liquidity Effect: Studi pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. 8(1): 11-17.

Sadikin, A. 2011. Analisis Abnormal Return Saham dan Volume Perdagangan Saham Sebelum dan Sesudah Peristiwa Pemechan Saham: Studi pada Perusahaan yang Go Public pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. 12(1).

Sakti, P.O. dan I. Rini. 2013. Analisis Pengaruh Stock Split terhadap Abnormal Return dan Volume Perdagangan Saham pada Perusahaan Bertumbuh dan Tidak Bertumbuh. Diponegoro Journal of Management. 2(3): 1-13.

Sari, A.B. 2011. Pengaruh Stock Split terhadap Abnormal Return dan Trading Volume Activity pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Van Horne, J.C. dan J.M. Wachowicz. 2012. Fundamentals of Financial Management. 12th Ed. Prentice-hall. New Jersey.

Wijanarko, I. 2012. Analisis Pengaruh Pemecahan Saham (Stock Split) terhadap Likuiditas Saham dan Return Saham. Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang.

Yi, L.S., S.C. Young, T.H. Kun, dan W.Y. En. 2016. Investor Psychological Traits Overreaction and Underreaction in Malaysian Stock Market. Undergraduate Research Project. Department of Finance Universiti Tunku Abdul Rahman. Perak.

http://www.idx.co.id

http://www.ksei.co.id

http://www.yahoo.finance.com

Published

2024-02-19