PENGARUH AKUNTANSI FORENSIK DAN AUDIT INVESTIGATIF TERHADAP PENGUNGKAPAN KECURANGAN PELAPORAN KEUANGAN (Studi pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia)

Authors

  • Padri Achyarsyah Universitas Nasional
  • Mirantika Rani Universitas Nasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif terhadap Pengungkapan Kecurangan Pelaporan Keuangan pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI). Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan saran kepada auditor untuk menjaga penerapan standar akuntansi forensik dan investigasi dengan menggunakan teknik audit dengan baik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada unit responden di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI). Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dimana hasilnya dinyatakan dalam bentuk angka. Data diolah menggunakan SPSS versi 26 dengan hasil diperoleh bahwa akuntansi forensik tidak berpengaruh terhadap pengungkapan pelaporan keuangan yang mengandung kecurangan, dan audit investigasi berpengaruh terhadap pengungkapan pelaporan keuangan yang mengandung kecurangan.

References

Agoes, Sukrisno, 2004, “Auditing (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik”. Edisi 3. Jilid 1. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Arens, Alvin A, dkk, 2001, “Auditing dan Pelayanan Verifikasi”, Edisi 9. PT Indeks Kelompok Gramedia

Arens, Alvin A, dkk, 2012, “Jasa Audit dan Assurance (Auditing dan Assurance Service An Integrated Approach-An, Indonesia Adaption) Jakarta: Mitra Salemba Empat.

Association of Certified Fraud Examiners (ACFE), 2018, “Report To The Nation (RTTN) Asia Pacific Edition”.

Banjarnahor, Ewi, 2014, “Pengaruh Penerapan Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif Terhadap Pengungkapan Fraud Kasus Korupsi”.

Bologna, G. Jack and Robert. J. Linquisdt, 1995, “Fraud Auditing anf Forensic Accounting: New Tolls and Techniques”, John . Edisi 1. Salemba Empat. Jakarta.

Cahyani, Asih, 2016, “Teori-Teori Kecurangan (Fraud)”. Website :

http://asihcahyani28.blogspot.com/2016/11/teori-teori-kecurangan-fraud.html

Crumbley, D. Larry, 2005, “Forensic dan Investigative Accounting”, USA

Davidparsaoran’s Blog, 2009, “Skandal Manipulasi Laporan Keuangan PT Kimia Farma Tbk”. Website :

https://davidparsaoran.wordpress.com/2009/11/04/skandal-manipulasi-

laporan- keuangan-pt-kimia-farma-tbk/

Hasbi, Andi Septiani Ewiantika, 2018, “Pengaruh Audit Forensik, Audit Investigatif, dan Professional Judgment Terhadap Pengungkapan Fraud Dengan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Moderating (Studi Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan”.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2007. Standar Akuntansi Keuangan Per 1 September 2007, Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.

Institut Akuntan Publik Indonesia. Standar Audit (SA) 315, Dewan Standar Profesi Tahun 2008 -2012

Institut Akuntan Publik Indonesia. Standar Audit (SA) 450, Dewan Standar Profesi Tahun 2008-2012

Iqbal, Muhammad, 2010, “Pengaruh Tindakan Pencegahan, Pendeteksian, dan Audit

Investigatif Terhadap Upaya Meminimalisasi Kecurangan Dalam Laporan Keuangan”.

(online), Karya Ilmiah Yang Dipublikasikan”. Fakultas Ekonomi Universitas Islam

Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Iswari, Tabita Indah, 2019. “Mengenal Akuntansi Forensik dan Auditor Forensik” website : https://opini.harianjogja.com/read/2019/04/25/543/987651/opinimengenal- akuntansi-forensik-dan-auditor-forensik Junaidi, 2010, http://junaidichaniago.wordpress.com.

Lidyah, Rika, 2016, “Korupsi dan Akuntansi Forensik”.

Mulyadi, 2017. “Auditing” Jakarta : Salemba Empat

Patunru, A.Arini Lestari, 2014, “Pengaruh Kemampuan Auditor Investigatif Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Prosedur Audit Dalam Pembuktian Kecurangan “.

Putri, Anisa, 2012, “Kajian : Fraud (Kecurangan) Laporan Keuangan”

Sahid Raharjo, SPSS Indonesia, www.spssindonesia.com

Sayyid, Annisa, 2013, “Fraud dan Akuntansi Forensik (Upaya Meminimalisasi Kecurangan dan Rekayasa Keuangan”.

Soejono, Karni, 2000. “Auditing : Audit Khusus dan Audit Forensik dalam Praktek”, Jakarta : Lembaga Penerbitan FE UI. Diadit Media. Jakarta.

Sukesih, Kesih, 2012. “Makalah Akuntansi Forensik di Indonesia”. Website :

https://imagama.feb.ugm.ac.id/2014/03/19/akuntansi-forensik/

Tuanakotta, M.Theodorus, 2010, “Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif”, Jakarta: Salemba Empat.

Widjaja, Amin, 2012, “Forensik & Investigative Accounting : Pendekatan Kasus”, Jakarta : HARVARINDO

Wiratmaja, I Dewa Nyoman, 2010, “Akuntansi Forensik Dalam Upaya Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi”. (online), Karya Ilmiah Yang Dipublikasikan. Universitas Udayana.Vol. 5, No.2.

Wuysang, Recky Vincent Oktaviano Nangoi, Grace Pontoh, Winston, 2016, “Analisis Penerapan Akuntansi Forensik Dan Audit Investigatif Terhadap Pencegahan Dan Pengungkapan Fraud Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara”.

Downloads

Published

2021-03-13

Issue

Section

Original Researh Articles