PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN UKURAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP EFFECTIVE TAX RATE ( Studi pada Perusahaan Sub sektor Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2017 )

Authors

  • BAMBANG SUBIYANTO Universitas Nasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan ukuran komisaris independen terhadap effective tax rate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017  sebanyak 42 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, diuji dan diolah menggunakan program SPSS versi 24. Dalam penelitian ini penarikan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara tidak acak yang informasinya diperoleh menggunakan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder yaitu data yang telah tersedia di Bursa Efek Indonesia (BEI) (www.idx.go.id). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap effective tax rate (ETR) dengan arah hubungan negative. Sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap effective tax rate (ETR) dengan arah positif. .

References

Ardyansyah, Danis., dan Zulaikha. (2014). Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Capital Intensity Ratio Dan Komisaris Independen Terhadap Effective Tax Rate (ETR). Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Ariani, Miza., dan Hasymi. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Size, Dan Capital Intensity Ratio Terhadap Effective Tax Rate (ETR) (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia 2012-2016. Komunikasi Ilmiah Akuntansi dan Perpajakan, Vol. 11, No. 3, hal. 452-463.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Multivariat Dengan Program IBM SPSS 21. Edisi Ketujuh. Semarang: Universitas Diponegoro.

Handayani, Desi., dan Wulandari, Hesty. (2014). Pengaruh Kepemilikan Pemerintah dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tarif Pajak Efektif Perusahaan. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, Vol. 7, hal. 01-10.

Hanum, Hashemi Rodhian., dan Zulaikha. (2013). Pengaruh Karakteristik Corporate Governance terhadap Effective Tax Rate. Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 2, No. 2, Hal. 1-10.

Hery. (2015). Analisis Kinerja Manajemen. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi: Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini Dalam Bidang Akuntansi Dan Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Imelia, Septi. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pajak Dengan Indikator Tarif Pajak Efektif (ETR) Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012. Jom FEKON, Vol. 2, No.1.

Irianto, Bambang Setyobudi., Sudibyo, Yudha Aryo., dan Wafirli, Abim. (2017). The Influence of Profitability, Leverage, Firm Size and Capital Intensity Towards Tax Avoidance. International Journal of Accounting and Taxation, Vol. 5, No. 2, pp. 33-41.

Kraft, Anastasia. (2014). What Really Affects German Firms’ Effective Tax Rate?. International Journal of Financial Research, Vol. 5, No. 3, pp. 1-20.

Prasetyo, Agus., Masitoh, Endang., dan Wijayanti, Anita. (2018). The Influence of Good Corporate Governance, Capital Intensity Ratio, and Profitability to Effective Tax Rate (Empirical Study on Manufacturing Companies Basic Industry Sectors and Chemicals Listed In Indonesia Stock Exchange Year 2011-2015). The 2nd International Conference on Technology, Education, and Social Science 2018.

Putri, Scania Evana. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Asset (Roa), Leverage Dan Intensitas Modal Terhadap Tarif Pajak Efektif (studi empiris pada perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013). JOM Fekon, Vol.3, No.1

Putri, Khurin’in Kurnia. (2017). Pengaruh Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Rasio Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Tarif Pajak Efektif (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankanyang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). JOM Fekon, Vol. 4, No. 1.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Wulansari, Rahati. (2015). Pengaruh Karakteristik Corporate Governance Terhadap Effective Tax Rate (ETR) (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011-2013). Jom FEKON, Vol. 2, No. 2.

Yunika, Estherlita. (2017). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Hutang Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Tarif Pajak Efektif Pada Perusahaan Subsektor Industri Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Downloads

Published

2021-03-13

Issue

Section

Original Researh Articles