PENGARUH SIKAP SKEPTIS, INDEPENDENSI, PENERAPAN KODE ETIK, DAN AKUNTABILITAS TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Selatan)

Authors

  • SUHENDRI SUHENDRI Universitas Nasional
  • Arni Karina Universitas Nasional

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk mengetahui Pengaruh Sikap Skeptis, Independensi, Penerapan Kode Etik, dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Data kemudian diolah dengan terlebih dahulu melakukan tabulasi berdasarkan hasil jawaban terhadap kuesioner yang memenuhi syarat. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian mendapatkan bahwa Sikap Skeptis tidak memiliki pengaruh terhadap Kualitas Audit. Independensi juga tidak memiliki pengaruh terhadap Kualitas Audit. Penerapan Kode Etik berpengaruh terhadap Kualitas Audit, sedangkan Akuntabilitas tidak memiliki positif terhadap Kualitas Audit.

References

Abdul Halim. (2001). Auditing 1 Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan. Edisi 2. Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Al’Amin, M. (2018). “Pengaruh Penerapan Kode Etik Terhadap Kualitas Hasil Audit (Studi Empiris pada BPK RI Perwakilan D.I.YOGYAKARTA)”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Al-Hara, M.M. (2018). “Pengaruh Kompetensi, Kemahiran Profesional, Independensi, dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Yogyakarta)”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Ariningsih, P.S. dan Mertha, I.M. (2017). “Pengaruh independensi, tekanan anggaran waktu, resiko audit, dan gender pada kualitas audit”. ISSN: 23028556. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana. Vol 18.2. Februari: 1545-1574.

Desi, W. L., & Marita, K. W. (2017). “Pengaruh Fee Audit, Independensi, Kompetensi, Etika Auditor Dan Tekanan Anggaran Waktu Terhadap Kualitas Audit”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Eko Ferry Anggriawan. (2014). “Pengaruh Pengalaman Kerja, Skeptisme Profesional dan Tekanan Waktu Anggaran Terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Fraud”. Jurnal Nominal. Vol.3, No. 2.

Floreta Wiguna dan Dini Wahyu Hapsari. (2014). “Pengaruh Skeptisme Profesional dan Independens Auditor terhadap Pendeteksian Kecurangan (Survei Pada Auditor KAP di Malang)”. Jurnal.

Hanjani, Andreani. (2014). “Pengaruh Etika Auditor, Pengalaman Auditor, Fee Audit, dan Motivasi Auditor terhadap Kualitas Audit (Studi pada Auditor KAP Di Semarang)”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hartan, T.H. (2012) “Pengaruh Skeptisme Profesional, Independensi, dan Kompetensi Terhadap Kemampuan Auditor dalam Mendeteksi Kecurangan (Studi Empiris pada Inspektorat Daerah Istimewa Yogyakarta)”. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hidayat, Endang (2017) “Pengaruh Sikap Skeptisme, Pengalaman Audit, Kompetensi, dan Independensi Auditor Pada Kualitas Audit”. Fakultas Ekonomi, Universitas Satyanegara Indonesia, Jakarta.

IAPI (2020, April 30). IAPI Kode Etik Profesi Akuntan Publik 2020. https://iapi.or.id/Iapi/detail/237.

Ismail, H. A., & Kurniawan, S. S. T. (2018). “Penerapan Kode Etik Auditor Dalam Menjaga Kerahasiaan Data Klien: Studi Kasus Kantor Akuntan Publik TGS”. Substansi, 2(2), 261-281.

Kusuma, N. F. B. A. (2012). “Pengaruh Profesionalisme Auditor, Etika Profesi dan Pengalaman Auditor terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(3)”.

Mahmud, S., & MM, A. (2018). “Pengaruh Sikap Skeptis, Pengalaman Audit, Kompetensi, Independensi Auditor, Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Pada Kantor Akuntan Publik Di Surakarta Dan Yogyakarta)”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Nandari, A. W. S., & Latrini, M. Y. (2015). “Pengaruh Sikap Skeptis, Independensi, Penerapan Kode Etik, Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi”, 164-181.

Nugrahanti, T. P. (2012). “Pengaruh kompetensi, independensi dan etika auditor terhadap kualitas audit pada kantor akuntan public”.

Oktavinarni, N.P. (2018). “Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Due Professional Care Auditor terhadap Kualitas Audit pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Surabaya Timur”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universita Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Prakasa, Chesar. (2017). “Pengaruh Independensi, Integritas, Dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Daerah Istimewa Yogyakarta)”. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rizal, Fahmi. (2010). “Pengaruh Akuntabilitas, Independensi, dan Pengalaman Auditor terhadap Kualitas Audit pada Klien yang menerapkan Sistem Informasi berbasis Komputer”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Rosanti, K.A. (2016). “Pengaruh Etika Profesi, Fee, Independensi, Motivasi dan Pengalaman Audit terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus pada Auditor KAP di Malang)”. Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Tanzilco, T. (2016, September). Skeptisme Profesional auditor dalam mendeteksi kecurangan.

https://www.jtanzilco.com/blog/detail/510/slug/skeptisme-profesional-auditor-dalam-mendeteksi-kecurangan

Utami, G., & Nugroho, M. A. (2014). “Pengaruh Profesionalisme Auditor, Etika Profesi Dan Pengalaman Auditor Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Dengan Kredibilitas Klien Sebagai Pemoderasi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 3(1)”, 75-83.

Wirdayani (2014). “Pengaruh Kompetensi, Independensi Auditor dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Di Makassar”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar, Makassar.

Downloads

Published

2021-03-13

Issue

Section

Original Researh Articles